SATUKANAL.COM
Universitas Brawijaya
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN

UB Bentuk Satgas Pencegahan Virus Corona, Gedung FT Universitas Brawijaya Disterilisasi

SATUKANAL, MALANG – Pihak Universitas Brawijaya (UB) Malang membenarkan bahwa salah satu mahasiswanya kini tengah dalam pengawasan terkait kemungkinan terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Meski demikian, status mahasiswa tersebut masih belum dipastikan positif atau negatif terpapar Corona. Pihak kampus pun mengambil serangkaian kebijakan menanggapi hal tersebut.

Hari ini (Sabtu, 14/3/2020), pihak UB Malang mengadakan konferensi pers di gedung rektorat. Salah satunya terkait upaya pembentukan Satuan Tugas khusus untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

Rektor UB Malang, Nuhfil Hanani AR menyampaikan bahwa pihaknya langsung mengambil langkah kewaspadaan.

“Dengan mengisolasi dan melakukan disinfeksi/sterilisasi gedung Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik untuk sementara waktu,” ucap Nuhfil.

Baca Juga :  Mendadak, Artis Layar Lebar Idris Elba Dinyatakan Positif Corona

Ia menjelaskan, mahasiswa Fakultas Teknik tersebut sedang dalam pantauan tenaga medis di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

“Dan masih belum bisa dipastikan yang bersangkutan positif terinfeksi Covid-19 karena tidak memenuhi kriteria yang berhubungan dengan orang yang terdiagnosa positif maupun tidak berhubungan dengan area terjangkit,” kata dia.

Isu tersebut muncul dikarenakan ayah yang bersangkutan meninggal dunia yang diduga disebabkan karena Covid-19. Namun, hasil tes terhadap ayah mahasiswa tersebut dinyatakan negatif. Sementara, istri almarhum atau ibu mahasiswa yang merawat almarhum dinyatakan sehat dan tidak terinfeksi Covid-19.

Sampai dengan saat ini, Kota Malang dan sekitarnya belum terindikasi daerah terjangkit Covid-19.

Baca Juga :  Kapolresta Kediri: Resepsi Pernikahan Dibagi Beberapa Sesi

Mengenai Satuan Tugas tersebut, Nuhfil mengungkapkan kebijakan tersebut dilakukan sesuai dengan Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35492/A.A5/HK 2020 tanggal 12-3-2020 tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Satuan Tugas melakukan sosialisasi, edukasi, promosi, dan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada Sivitas Akademik UB tentang cara mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

Ia menyatakan, Universitas Brawijaya selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah di Malang Raya untuk melakukan tindakan pencegahan dan kewaspadaan.

“Mohon kepada seluruh Sivitas Akademik tetap tenang dan menjalankan aktivitas serta kewaspadaan diri sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” pesan dia.

Redaktur: N Ratri

Kanal Terkait