Pasar Sayur Batu Tetap Berisik Dalam Terpaan Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG_20210122_091734-7040c727
Pedagang Pasar Kota Batu (Foto: Wildan Agta/satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Pasar Sayur Batu Tetap Berisik Dalam Terpaan Pandemi

Satukanal.comBatu – Setelah tahun lalu dipugar, Pasar Sayur Batu kini berangsur–angsur mulai ramai didatangi mastarakat, hal tersebut terlihat dari aktivitas para pedagang yang mulai memenuhi area pasar yang terletak di Temas, Kecamatan Batu, Kamis (5/8/2021). Mereka tetap berjualan dengan pematuhan disiplin protokol kesehatan (prokes) tinggi.

“Kondisi mulai ramai dan banyak kios yang sudah mulai terisi,” ungkap Singgih Purnomo salah satu penjual sawi putih di pasar tersebut. Kenaikan pengunjung juga dirasakannya dengan omzet yang naik 10 hingga 20 persen.

Baca Juga :  Bukan Cuma Mall, Area Publik Lain Bakal Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi

Naiknya pendapatan dipengaruhi oleh diperbolehkannya pengiriman jarak jauh, meskipun adanya pembatasan menyebabkan wisatawan nihil di Kota Apel. Kini, kebiasaan pengiriman luar pulau seperti ke Kalimantan menjadi tumpuan utama mereka. Meski belum sepenuhnya “riuh” pasar kembali seperti sebelum sediakala.

Meningkatnya pendapatan juga dirasakan Ateng, seorang pedagang bawang di pasar sayur terbesar di Batu itu. “Kenaikannya sampai 85 persen dari sebelumnyaa. Tapi kalau dikatakan sudah kembali seperti dulu, tentu belum,” katanya.

Baca Juga :  Obyek Wisata Kota Batu Mulai Diuji Coba, Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Wajib

Peningkatan permintaan dirasakannya setelah mencoba peruntungan jual online. Walaupun masyarakat enggan keluar rumah, mereka tetap bisa membelinya dengan mudah. Belum lagi langganan tengkulak yang dimilikinya. Pemebeli tetap dagangannya berasal dari daerah Malang Raya. Tak heran, Kota Batu dulunya dijuluki sebagai gudangnya bawang Jawa Timur. Ia berharap agar ramainya Kota Pariwisata ini segera kembali. Pemulihan ekonomi menjadi tujuan utama baginya.

 

 

Pewarta: Wildan Agta 
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait