Parfum Bisa Kadaluwarsa, Ketahui Tanda-tandanya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Parfum Bisa Kadaluwarsa, Ketahui Tanda-tandanya
Ilustrasi parfum (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Parfum Bisa Kadaluwarsa, Ketahui Tanda-tandanya

Satukanal.com, Nasional – Berbagai produk makanan atau kosmetik memang memiliki tanggal kadaluwarsa, seperti halnya parfum. Parfum terbuat dari campuran minyak pewangi dan alkohol, atau terkadang air. Dengan konsentrasi yang berbeda, parfum memberikan aroma dengan ketahanan yang berbeda pula.

Karena merupakan campuran alkohol atau air, maka parfum tidak akan pernah basi, namun mereka bisa kadaluwarsa. Diketahui, memakai parfum kadaluwarsa bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Bagi kalian yang gemar mengkoleksi berbagai parfum, penting untuk mengetahui tanda bahwa parfum tersebut telah kadaluwarsa. Lalu, apa saja tanda-tandannya? Simak penjelasan Satukanal.com berikut ini.

1. Mengecek tanggal kedaluwarsa

Beberapa brand parfum ada yang mencantumkan tanggal kedaluwarsa di bagian bawah botol dan ini bisa kalian jadikan patokan untuk menggunakan parfum. Tapi, jika tidak ada tanggal kadaluwarsanya, kalian bisa melihat batch code yang biasanya tertulis di bagian bawah botol.

2. Aroma parfum berubah

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui apakah parfum sudah kadaluwarsa atau tidak. Salah satunya dengan menggunakan indera penciuman. Apabila parfum kalian memiliki bau yang berbeda, maka itu bisa jadi tanda bahwa parfum tersebut telah kadaluwarsa.

Baca Juga :  18 Provinsi di RI Catat Nol Kematian Covid-19

3. Warna cairan parfum berubah

Selain mengetahui kadaluwarsa parfum dengan cara mencium aromannya. Kalian juga dapat mengetahui tingkat kadaluwarsa parfum dengan melihat cairan parfum. Apabila cairan parfum berubah menjadi lebih keruh dari biasanya, maka perubahan tersebut bisa menjadi tanda parfum tersebut telah kadaluwarsa.

4. Muncul sedimentasi atau pengendapan material parfum

Jika parfum yang kalian simpan sudah terlalu lama. Biasanya akan muncul sedimentasi padat atau endapan-endapan bahan parfum yang berkumpul di bagian bawah botol. Jika sedimentasi mulai terlihat, maka sebaiknya jangan lanjutkan penggunaan parfum, karena akan membahayakan tubuh.

5. Terdapat kerak pada bagian seprotan votol parfum

Apabila para semprotan parfum terdapat kerak atau kristal di bagian sudutnya, itu berarti produk sudah teroksidasi dan sudah beraroma tengik, dengan kata lain parfum sudah kadaluwarsa. Bersihkan kerak pada leher botol dengan lap kering. Jika saat disemprotkan tercium aroma basi, maka jangan gunakan kembali parfum tersebut.

Baca Juga :  Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin kencang

Selain itu, ada beberapa tips agar parfum kalian tidak cepat kadaluwarsa yakni dengan dengan memperhatikan kandungan parfum dan penyimpanan parfum secara tepat. Sebelum membeli, cek dulu kandungan parfum yang kalian pilih.

Parfum yang awet dan masih lama expired biasanya adalah parfum dengan aroma dasar yang kuat cenderung lebih tahan lama, bahkan aromanya menjadi lebih kaya dari waktu ke waktu. Adapun contoh parfum yang memiliki aroma yang cukup kuat yakni:

  • Aroma oriental, seperti woody, patchouli, dan vetiver.
  • Aroma yang light seperti citrus dan floral.

Adapun tips agar parfum tidak kehilangan aroma wangi dan tetap tahan lama yakni dengan:

  1. Pastikan botol parfum selalu tertutup rapat, kemudian simpan parfum dalam kotaknya,
  2. Hindarkan parfum dari cahaya matahari langsung,
  3. Botol berwarna gelap umumnya lebih melindungi aroma parfum agar tetap wangi. Sehingga, lebih baik jangan pindahkan parfum ke botol lain,
  4. Hindarkan parfum dari cahaya terang, udara dan panas karena akan memperpendek usia pakainya.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait