Pantau Harga Sembako, Pemkot Sidak Pasar Besar Batu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Pantau Harga Sembako, Pemkot Sidak Pasar Besar Batu

Satuchannel.com, Kota Batu – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu lakukan inspeksi mendadak (Sidak)sejumlah harga sembako di Pasar Besar Batu, Rabu (7/6). Pengecekan harga ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika adanya lonjakan harga pada sembako.

Kepala Bagian Perekonomian, Pemkot Batu Andhang Budi Harsa menyatakan dari sidak tersebut, harga sembako relatif stabil disamping itu pasokan stok pun dinilai cukup aman.

Sidak harga bawang di Pasar Batu (Swandy)

“Harga daging sapi kelas premium misalnya 115.000 per kilo, beras di kisaran 9.000 – 10.000 per kilo, untuk minyak goreng stabil di harga 12.000 per kilo.” ujar Andang di sela – sela pantauannya di Pasar Batu.

Baca Juga :  Bekas Pemandian Putri Ken Dedes, Wisata Air Terjun Coban Putri Destinasi Cocok Saat Pandemi

Ia menambahkan bila tidak terjadi kenaikan harga pemerintah tidak melakukan operasi pasar cukup lakukan pasar murah saja.

Sidak pedagang sembako (Swandy)

Daya beli masyarakat dapat dikatakan masih sepi mengingat masih berada pada pertengahan ramadhan. Kenaikan daya beli terjadi pada sektor rumah tangga, sementara konsumsi sektor rumah makan, hotel, dan warung menurun.

“Kami tadi juga menghimbau pedagang untuk tidak menaikkan harga supaya daya beli masyarakat bisa terjaga.” jelas pria yang jabat Kabag Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemkot Batu ini.

Baca Juga :  Strategi Jemput Bola Vaksinasi Lansia

Pengecekan harga ini nantinya akan terus dilakukan sebelum lebaran dan pasca lebaran. Selain pengecekan terhadap harga sembako, pemerintah juga mengecek ketersediaan sembako di pasaran.

“Hasilnya memang aman secara stok, kita sudah cek ke 2 pedagang besar dan 1 pedagang kecil. Nanti kita juga akan cek di stok beras dan elpiji di gudang.” ungkapnya. (Swandy)

Kanal Terkait