Pantau Area Rawan Banjir dan Longsor di TPA Supit Urang Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kasatsamapta Polresta Malang Kota, Kompol Syahbain melakukan Pemantauan terhadap kondisi Tempat Pembuangan Akhir Supit Urang, Kota Malang pada Selasa (2/11/2021). (foto: Humas Polresta Malang Kota)
BERITA Kanal Straight

Pantau Area Rawan Banjir dan Longsor di TPA Supit Urang Kota Malang

Satukanal.com, Malang – Sudah beberapa hari ini, kota Malang diguyur hujan lebat hingga sempat menimbulkan genangan pada beberapa titik mulai dari area pemukiman warga hingga jalan raya. Anggota Sabhara dan Patroli Polsek Sukun yang dipimpin Kasatsamapta Polresta Malang Kota Kompol Syahbain melakukan Pemantauan terhadap kondisi Tempat Pembuangan Akhir Supit Urang pada Selasa (2/11/2021).

Menurut Kompol Bain, untuk sementara ini Satsamapta bersama dengan unit patroli Polsek Sukun hanya melakukan pemantauan dan memberikan edukasi terkait mitigasi bencana kepada para warga. Edukasi ini dilakukan untuk mengantisipasi para warga supaya jika terjadi hujan deras, para warga dapat menghentikan pekerjaan mereka dalam mencari sampah. Hal ini lantaran tumpukan sampah sangat rawan terjadi longsor serta jalanan menjadi licin.

Baca Juga :  Minyak Goreng di atas HET, Pedagang Sembako Kediri Kesulitan Pasokan

“Pemantauan tidak hanya pada lokasi TPA saja, namun akan koordinasi dengan pihak Polsek setempat dan mendatangi lokasi baik tempat pemukiman, lahan perkebunan ataupun daerah bantaran sungai yang dinilai rawan longsor, untuk agenda terdekat, akan mendatangi di wilayah Baran Kecamatan Kedung Kandang,” ungkap Kompol Bain.

Peran dan juga partisipasi semua pihak sangat diperlukan terlebih memasuki musim penghujan ini potensi untuk terjadinya bencana alam bisa sangat besar. “Upaya ini juga sebagai upaya antisipasi dini terhadap bencana alam yang disebabkan oleh banjir, tanah longsor, gempa bumi hingga cuaca ekstrim menjelang akhir tahun nanti. Dikhawatirkan bencana alam yang terjadi dapat berdampak pada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta kontijensi terhadap dampak dari bencana alam,” tambahnya.

Baca Juga :  Mulai 13 November, Peserta  CPNS 21 Bisa Cek Hasil SKD Tahap 2

Pemantauan yang dilakukan di TPA yang berada di Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang ini juga sebagai himbauan sekaligus sosialisasi bencana yang disampaikan bukan hanya kepada pengelola saja namun juga kepada warga hingga pemulung. Diharapkan setelah ini bencana alam tidak berdampak terlalu buruk bagi warga di area bencana.

Pewarta : Lutfia

Editor : Danu S

Kanal Terkait