Pandemi Tak Kunjung Usai, Penjualan Buku di Kediri Lesu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pandemi Tak Kunjung Usai, Penjualan Buku di Kediri Lesu
Foto: Bazar buku murah di Kediri Mall
STRAIGHT NEWS

Pandemi Tak Kunjung Usai, Penjualan Buku di Kediri Lesu

SATUKANAL.com, KEDIRI – Krisis ekonomi yang muncul sejak Pandemi Covid-19 di Indonesia berimbas pada lesunya pembelian buku di sekitar Kota Kediri. Salah satu distributor sampai menggelar pasar buku murah untuk mensiasati kemrosotan omset.

Dwianto, penyelenggara pasar Ketemu Buku Kediri di Kediri Mall menerangkan, meskipun digelar pasar buku murah diakuinya penjualan buku tetap minim. Tapi, peminat mulai rindu adanya kegiatan pasar buku. Sebab, setahun tidak ada pameran dan pasar buku sama sekali akibat dampak dari Covid-19.

Terbukti ratusan orang yang datang di Kediri Mall banyak menghampiri meskipun hanya sekedar melihat-lihat saja.

Baca Juga :  3 Ketentuan Jelang Sholat Tarawih Berjamaah Pada Ramadhan 2021

Ditanya soal omset, ia tidak mau menjelaskan secara detail. Dirinya hanya memberikan gambaran kelesuan pasar buku di tengah pandemi. “Sehari sekitar 20-30 buku terjual, untuk pengunjungnya ya 150 ada,” ungkapnya.

Pengunjung yang datang meningkat saat akhir pekan tiba. Jika sebelumnya hanya sekitar 150 an, di malam minggu pengunjung hingga 400-an.

Sedangkan untuk transaksinya, Dwi mencatat bisa sampai 50-an. Genre buku, lanjut Dwi, pembeli buku di pameran tersebut cenderung memilih sastra, psikologi, dan tips.

Baca Juga :  Wadahi Para Seniman, Upaya Pemkab Wujudkan Kabupaten Malang Spirit Unity In Diversity

“Sastra dan psikologi peminatnya lumayan, yang banyak juga kayak tips soal-soal ujian atau masuk tes itu,” kata Dwi.

Anis Firmansyah salah satu pengunjung, salah seorang pengunjung pameran buku, mengaku menunggu kegiatan seperti ini. Dikarenakan, sebelum pandemi di Kota Kediri biasanya ada tiga sampai empat kali pasar buku. Tetapi, akibat pandemi, tidak ada kegiatan pameran buku dalam setahun terakhir.

“Ya kan ini sudah new normal ya, jadi mungkin bisa ada pameran lagi lebih sering,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: M. Ubaidhillah
Editor: Redaksi  Satukanal

Kanal Terkait