Pandemi Diramalkan Jayabaya, Juru Kunci: Berhenti Jika Umat Manusia Bersatu - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Petilasan Pamoksan Sri Aji Jayabaya di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Pandemi Diramalkan Jayabaya, Juru Kunci: Berhenti Jika Umat Manusia Bersatu

Satukanal.com, Kediri – Pandemi Covid-19 yang belum berujung hingga saat ini rupanya telah diramalkan oleh Maharaja Jayabaya yang tak lain adalah Raja Kerajaan Kadiri. Hal ini diungkapkan oleh Juru Kunci Petilasan Pamoksan Sri Aji Jayabaya di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, jawa Timur, Senin (9/8/2021).

“Pandemi ini memang sudah pernah disebutkan oleh Maharaja Jayabaya dalam Jangka Jayabayanya, namun yang isinya apa saya agak lupa, hanya dahulu bapak saya yang juga juru kunci disini pernah menurunkan, kalau ada kondisi pagebluk seperti sekarang jangan susah,” ujar Sunardi kepada Satukanal.com, Senin (9/8/2021).

Laki-laki yang kerap disapa Mbah Gabing ini juga menuturkan, berdasarkan pesan yang dia dapat pandemi akan segera berakhir jika seluruh umat manusia bersatu. Namun konteks bersatu ini pada hal apa dia tidak mengetahui secara detail.

Baca Juga :  Montir di Kediri Viral Gegara Berparas Cantik

“Saya tidak jelas di ramalan yang apa, namun kalau sudah ada musibah ini kata bapak saya akan selesai jika seluruh umat manusia bersatu,” terangnya.

Mbah Gabing meneruskan, pesan itu terus diingatnya dan akan diturunkan kepada keturunannya yang akan mewarisi jabatan sebagai juru kunci di Petilkasan Pamoksan Sri Aji Jayabaya.

Dia sendiri merupakan keturunan ke tujuh yang mewarisi jabatan sebagai juru kunci situs.

Baca Juga :  Gubernur Jatim Tinjau Vaksinasi di Pesantren di Lirboyo

“Saya sendiri ini sudah turunan ke tujuh, dari mbah-mabha saya dulu, dan nanti akan saya sampaikan juga kepada juru kunci selanjutnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Mbah Gabing menuturkan, di malam 1 Suro ini upacara kebudayaan yang terlaksana di Petilasan Pamoksan Sri Aji Jayabaya melakukan ritual secara khusus dan berdoa agar pandemi segera berakhir.

“Kita disini di malam suro ini meminta dalam doa secara khusus agar persatuan itu terwujud, dan pandemi segera berakhir dan seluruh sektor segera pulih, terurtama sektor ekonomi dan kesehatan yang saat ini lesu,” pungkasnya.

 

Pewarta: Ubaidhillah

Kanal Terkait