Pandemi Belum Mereda, Salat Idul Adha di Batu Ditiadakan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG-20210717-WA0026-0594e9cf
BERITA Kanal Straight

Pandemi Belum Mereda, Salat Idul Adha di Batu Ditiadakan

Satukanal.com, Batu –  Menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1442 H, masyarakat tentu bersiap untuk merayakannya. Namun, pada tahun ini, sesuai instruksi dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, melarang pelaksanaan salat Idul Adha di wilayah PPKM Darurat.

Untuk melaksanakan instruksi tersebut, Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, bersama Kapolres Batu, AKBP Catur Cahyono Wibowo dan jajaran Polres Batu, Kodim 0818 Malang-Batu, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Kemenag Batu, dan MUI menggelar rapat koordinasi di Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Sabtu (17/7/2021) lalu.

Baca Juga :  41 Pelanggar di Batu Ikuti Sidang Tipiring PPKM Darurat

Dewanti mengatakan, SE Kemenag harus dilaksanakan. “Bukan melarang orang beribadah, ini adalah suatu penyelamatan masyarakat,” katanya.

Walikota Dewanti juga menugaskan Muspika, untuk mensosialisakan kepada lurah dan kades tentang SE PPKM Darurat.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolres Batu, sebagai aparat hanya menegakkan aturan yang berlaku.

“Kita mengikuti aturan yang ada, terkait hubungan dengan Allah SWT kami masih mempunyai hati nurani. Pihak kementrian sudah ada kajian dalam pelaksanaan salat Idul Adha,” ungkapnya.

Baca Juga :  Terobosan Jemput Bola UMKM Lewat SIP BANGET

Kasatpol PP, M Nur Adhim, menjelaskan rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait Hari Raya Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Kabag Kesra Pemkot Batu, Hendri, menambahkan, selama PPKM Darurat semua tempat ibadah telah telah mematuhi, ada beberapa masjid yang masih kedapatan menggelar salat Jumat.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Kemenag mengungkapkan pihaknya akan memberikan sosialisasi untuk tidak melaksanakan salat Idul Adha.

Pewarta: Wildan Agta 
Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait