Pakar Politik UB : Partai Demokrat Di Posisi Strategis Dan Bisa Tentukan Peta Politik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Pakar Politik UB : Partai Demokrat Di Posisi Strategis Dan Bisa Tentukan Peta Politik

Satuchannel.com, Kota Malang – Posisi Partai Demokrat cukup strategis melihat dinamika politik yang ada usai pengesahan UU Pemilu pada Kamis (20/7). Pengamat politik Universitas Brawijaya, Wawan Sobari menyatakan nasib pengajuan calon presiden 2019 akan ditentukan partai dengan lambang mercy merah ini.

“Dengan perolehan suara 10% pada pemilu 2014 lalu, posisinya amat strategis. Dan dapat menentukan peta perpolitikan nasional.” ungkap Wawan melalui sambungan seluler.

Jika melihat peta partai politik saat ini di koalisi pemerintahan ada PDIP, Nasdem, PKB, Hanura, Golkar, dan PPP, sedangkan di kubu oposisi ada Gerindra, PKS, dan PAN. Posisi Demokrat menjadi strategis karena dengan suara 10% dapat dijadikan penentu.

“Bisa saja dengan 10% suara tersebut jika negosiasi politik berjalan maka bisa jadi Demokrat mendapatkan kursi Wakil Presiden.” tambah pria yang juga Dosen Ilmu Politik Universitas Brawijaya ini.

Terlebih status Demokrat di dinamika politik nasional yang netral tentu di Pilkada serentak pun akan diperhitungkan. Meski demikian, Wawan mengungkapkan ini tergantung negosiasi dan dibalik politik yang berlangsung. (Iqb / Ars)

Kanal Terkait