Pakai Masker Muncul Jerawat? Ini Cara Atasi 'Maskne' - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pakai Masker Muncul Jerawat? Ini Cara Atasi 'Maskne'
Ilustrasi wajah seorang perempuan yang sedang berjerawat (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Pakai Masker Muncul Jerawat? Ini Cara Atasi ‘Maskne’

Satukanal.com, Nasional – Penggunaan masker dalam waktu yang lama dapat menyebabkan jerawat dan berbagai iritasi kulit wajah. Ada cara atasi maskne atau mask acne yang bisa dilakukan, tak perlu khawatir!

Masker memang menjadi salah satu alat pelindung di tengah penyebaran wabah virus Corona. Karena itu pemakaian masker menjadi bagian penting dari protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sayangnya, penggunaan masker sebagai alat pelindung diri dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat.

Fenomena tersebut ternyata telah dialami oleh banyak orang. Bahkan, ada istilah khusus untuk kondisi ini yaitu, maskne alias mask acne. Melansir dari laman alodokter, menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Hal ini dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit.

Ditambah lagi, berbicara dan menghela napas saat mengenakan masker dapat menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi berkeringat serta lembap. Kondisi ini bisa menjadi sarana yang baik bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

Bingung cara atasi maskne atau mask acne untuk  mencegah jerawat akibat memakai masker? Simak tips berikut ini.

1. Pilih bahan masker yang tepat

Apabila kalian menggunakan masker kain, pilih yang 100 persen terbuat dari katun. Pilihan ini perlu agar kulit bisa bernapas, hal tersebut telah dianjurkan oleh Dermatologis. Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai, sebelum dicuci. Cuci masker kain dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

Baca Juga :  Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Menghemat Kuota Zoom Belajar Online

Jika kalian memakai masker bedah, pastikan tidak menggunakannya berulang kali atau seharian penuh. Ganti masker kalian jika dirasa sudah terlalu lembap. Jadi, saat kalian sedang beraktivitas di luar rumah, sediakanlah 2–3 masker tambahan agar kalian memiliki cadangan ketika masker yang sedang dipakai sudah perlu diganti.

2. Aplikasikan tabir surya sebelum menggunakan masker

Oleskan tabir surya 15 menit sebelum kalian keluar rumah. Pakailah tabir surya khusus wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih untuk mencegah hiperpigmentasi kulit akibat sinar matahari. Kalian juga bisa memilih tabir surya yang diperkaya dengan zinc dan titanium. Kedua kandungan ini diketahui mampu mencegah iritasi kulit wajah akibat penggunaan masker.

3. Jangan menggunakan makeup terlalu tebal

Bahan-bahan makeup diketahui bisa mengiritasi kulit dan menyumbat pori-pori pada bagian kulit yang tertutup masker. Apabila ingin tetap menggunakan makeup, pilih yang memiliki formula ringan dan tidak tebal.

4. Cuci wajah setelah menggunakan masker

Setelah beraktivitas seharian di luar rumah dan mengenakan masker, bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Memilih sabun wajah yang sesuai jenis kulit ini penting, karena penggunaan jenis sabun yang salah justru bisa memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga :  PPKM Level Diperpanjang, Ada Penyesuaian Aturan

Kalian juga bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung ceramide untuk mencegah kulit wajah teriritasi dan kering. Selain itu, kandungan ini juga bisa melindungi lapisan kulit teratas dari kerusakan. Hal ini penting untuk mencegah kulit mengalami iritasi akibat bergesekan dengan masker selama seharian.

4. Rajin Membersihkan Wajah

Cara ini wajib kalian lakukan untuk menjaga kulit wajah dari jerawat. Rutin membersihkan wajah bahkan saat tidak menggunakan masker sangat penting untuk kesehatan kulit wajah. Pertama, bersihkan wajah dengan cleansing balm, cleansing oil, atau cleansing milk sesuai dengan jenis kulit kalian. Produk ini akan mengangkat kotoran dan sisa makeup di wajah.

5. Oleskan gel perawatan jerawat di lokasi jerawat 

Ketika jerawat sudah muncul di area sekitar penggunaan masker, segera gunakan produk yang khusus mengatasi jerawat, seperti gel perawatan jerawat. Penggunaan produk jerawat juga membutuhkan proses yang tidak instan sehingga, kalian juga harus bersabar.

Perlu diketahui, apabila jarawat sedan tumbuh dan meradang, jangan sering memerang bahkan memencet jerawat tersebut, karena hal itu nantinya dapat membuat bekas jerawat susah dihilangkan.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait