Optimalisasi Budidaya Lobster, Mahasiswa UMM Rancang Smart Pond - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Optimalisasi Budidaya Lobster, Mahasiswa UMM Rancang Smart Pond
Tim mahasiswa Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang yang merancang Smart Pond (Foto: Humas UMM/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Optimalisasi Budidaya Lobster, Mahasiswa UMM Rancang Smart Pond

Satukanal.com, Malang – Budidaya lobster sejak lama telah digadang-gadang bakal menjanjikan. Berangkat dari hal inillah, mahasiswa jurusan teknik mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merancang alat optimalisasi budidaya lobster air laut bernama Smart Pond.

Perwakilan Tim, Dhia Balqis mengungkapkan permasalahan utama dalam budidaya lobster di Indonesia adalah masalah marikultur. Seperti halnya dengan pemanfaatan potensi lahan perikanan budidaya yang belum optimal. Selain itu juga sistem produksi dan tracebility pembudidayaan lobster yang belum ditangani dengan baik.

“Menurut kami, di kawasan budidaya lobster kurang tersedia infrastruktur yang mendukung. Beberapa permasalahan itu memicu adanya masalah baru seperti penjualan benih lobster secara ilegal dan korupsi terhadap penjualan maupun pembelian lobster,” ungkapnya.

Baca Juga :  26 Pelanggar PPKM Darurat Jalani Sidang Tipiring

Mengenai cara kerja Smart Pond, mahasiswi asal Kota Bekasi itu menjelaskan bahwa alat tersebut dapat mengondisikan kolam budidaya sesuai dengan habitat asli lobster di laut. Ketika dipasang, alat ini secara otomatis akan menyesuaikan indikator atau parameter kolam seperti di air laut.

“Misalkan kolam memiliki pH 9, sementara lobster membutuhkan pH 7-8. Hal itu akan langsung diatur secara otomatis oleh alat tersebut. Selama dua setengah bulan perancangan alat ini, tim kami telah sampai pada perakitan sensor dan pemrograman Smart Pond,” imbuhnya.

Menariknya, alat satu ini juga diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC) dan berhasil lolos ke tahap pendanaan pada Mei lalu. Dalam perancangan Smart Pond, Dhia ditemani oleh empat anggota lainnya yaitu Zidni Ilman Nafian, Fia Sulis Setiani, Doliansyah, dan Andre Juan Pradipa.

Baca Juga :  Duh, Pengrajin Tempe di Batu Terseok-seok Diterpa Badai Harga Kedelai

Saat ini mereka sedang menyelesaikan prototype dari Smart Pond. Kedepannya, timnya berharap alat ini dapat membantu permasalahan dan kendala dalam meningkatkan budidaya lobster air laut.

“Saya juga ingin agar nantinya inovasi ini dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat serta dapat mendongkrak perekonomian negara. Selain itu, saya juga berencana menyusun jurnal atau artikel untuk mempublikasikan Smart Pond dalam rangka mendukung penelitian penerapan teknologi di dunia pendidikan,” pungkas Dhia.

 

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait