OPD Kota Malang jadi WBK dan WBBM Zona Integritras - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
ADV

OPD Kota Malang jadi WBK dan WBBM Zona Integritras

Satukanal.com, Malang – Kota Malang kembali melanjutkan pencanangan zona integritas terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Malang pada Senin (15/11/2021).

Dalam pencanangan ini Pemkot Malang menekankan pada OPD untuk dapat naik menjadi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan juga Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBK).

Pencanangan pembangunan zona integritas merupakan suatu pernyataan sikap dari Pemkot Malang tentang kesiapan dan komitmennya untuk mewujudkan nilai-nilai bebas korupsi.

Kota Malang sebelumnya pernah melakukan pencanangan awal zona integritas pada 28 April 2015 terhadap enam perangkat daerah.

Ke-enam perangkat daerah tersebut di antaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendapatan Daerah, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perhubungan, dan Kecamatan Klojen.

Baca Juga :  Bangun Komitmen Kota Malang Menuju Smart City

Pada pencanangan zona integritas lanjutan ini terdapat penambahan berupa 21 perangkat daerah, 1 RSUD, 16 Puskesmas, dan 28 SMP di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

“Pemerintah Kota Malang telah siap membangun zona integritas yang merupakan pencanangan lanjutan yang pernah dilaksanakan Pemerintah Kota Malang pada tanggal 28 April 2015,” ujar M. Subkhan selaku PLT Inspektorat Daerah Kota Malang.

 

Untuk pencanangan pertama, dari ke-enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dicanangkan dalam zona integritas, hanya satu yang sudah naik menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Baca Juga :  Korban dan Pelaku Kasus Kekerasan Seksual di Malang Tetap Dapat Akses Pendidikan

Pemerintah Kota Malang selanjutnya akan melakukan inventarisir dan evaluasi terkait OPD yang masuk Zona Integritas namun belum juga naik menjadi WBK. Untuk Dispendukcapil yang telah menjadi WBK, perlu dilakukan peningkatan hingga menjadi Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Sejak pencanangan tersebut Pemerintah Kota Malang terus membangun zona integritas pada perangkat daerah pelayanan publik,” lanjut Subkhan.

Pada pencanangan zona integritas lanjutan ini juga dilakukan penandatanganan dokumen pencanangan oleh Walikota Malang, Wakil Walikota Malang, setiap Kepala Dinas maupun PLT, dan beberapa Camat seperti Camat Blimbing, Kedungkandang, Lowokwaru, dan Sukun. (Adv)

Kanal Terkait