One Way System, Cara Satlantas Kota Kediri Antisipasi Kerumunan Permohonan SIM | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
One Way System, Cara Satlantas Kota Kediri Antisipasi Kerumunan Permohonan SIM
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

One Way System, Cara Satlantas Kota Kediri Antisipasi Kerumunan Permohonan SIM

SATUKANAL.com, KEDIRI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kota Kediri, menerapkan sistem “One Way Sistem” dalam mengantisipasi kerumunan dalam permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Satuan Penyelenggaran Adminstrasi SIM (SATPAS), Satlantas Polres Kota Kediri.

Sistem “One Way Sistem’ merupakan perbaikan alur antrian pemohon, yang diharapkan menjadi lebih baik dari pelayanan sebelumnya. Sistem bergeser dari pintu satu ke ruangan yang lain, sehingga menghilangkan potensi benturan kontak fisik dari masing-masing pemohon.

“Terkait sistem pelayanan secara teori tidak berubah, tapi untuk alurnya kita perbaiki. Biasanya pemohon SIM bolak-balik didalam lokasi layanan, bertabrakan dengan pemohon lain. Mulai hari ini kita memperbaiki alur dengan mnggunakan One Way System,” kata Kasat Lantas Polresta Kediri, AKP Arpan, kepada Satukanal.com, Selasa (01/12/2020).

Baca Juga :  UMKM Mendominasi Angkutan Barang KA Logistik

Selain itu, AKP Arpan mengungkapkan juga menerapkan sistem antrian First On First Out (FIFO). Yang mana disebutkan, secara otomatis diketahui nomor antrian secara runtut untuk pemohon masuk dan keluar.

Dikatakan keunggulan dalam systen tersebut, dalam kapasitas 200 pemohon didapatkan pelayanan tanpa ada ramai kegaduhan. Dari setiap pemohon bergeser dalam tiga ruangan secara bergiliran.

“Jadi tidak ada yang brkeliaran keluar. Toh kalau melebihi kapasitas, kami juga menyiapkan cafe-cafe kecil didepan kantor pelayanan. Kami sediakan 20 hingga 30 kursi,” terangnya.

Baca Juga :  Kasus 'Cikungunya' Lebih Cepat Menular, Dua Kali Lipat di Kota Kediri

AKP Arpan juga menyebutkan dalam satu hari kantor pelayanan SATPAS mencapai 130 sampai 150 pemohon, baik perpanjangan maupun pemohon SIM baru.

Disebutkan, untuk lokasi SATPAS mulai dioperasikan 100 persen mulai hari ini, Selasa (01/12/2020). “Dengan sistem ini, diperlukan kurang dari 15 menit untuk perpanjangan SIM. Sedangkan untuk pemohon SIM baru memerlukan waktu setengah jam, sampai selesai untuk ujian praktek,” pungkasnya.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait