Momen Lebaran, Omzet Pedagang Ketupat Meningkat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Momen Lebaran, Omzet Pedagang Ketupat Meningkat
BERITA Kanal Highlight

Momen Lebaran, Omzet Pedagang Ketupat Meningkat

Satukanal.com, Malang – Momen lebaran di tengah pandemi nyatanya masih mampu memberi peruntungan tersendiri bagi pedagang ketupat. Pasalnya, ketupat menjadi ciri khas tersendiri saat hari raya umat Islam tersebut.

Hal ini diungkapkan Misni, salah seorang pedagang ketupat yang menjajakan dagangannya di Pasar Kebalen, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Dari keterangannya, meski ada penurunan omzet di hari biasa saat pandemi, namun di momen Idul Fitri kali ini pendapatan yang didapatkannya bisa mencapai 3 kali lipat.

“Saat pandemi tentunya ada penurunan. Dulu bisa buat sampe 1/2 kwintal, pandemi begini cuma sekitar 25 sampai 30 kilogram saja. Kalau lebaran begini Alhamdulillah sampailah 1,5 kwintal,” ujar Misni, Selasa (18/5).

Baca Juga :  Kota Malang Tuntaskan Vaksinasi Untuk Guru


Wanita berjilbab itu mengungkapkan, dibandingkan tahun lalu, ada angin segar di momen lebaran tahun ini. Mulai beradaptasinya masyarakat dengan pandemi Covid-19 membuat permintaan terhadap ketupat pun turut mengalami peningkatan.

“Di hari biasa saja juga jualan, kalau lebaran begini kebanyakan pesanan. Tahun ini yang pesan lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” jelasnya.

Menurut keterangan Misti, biasanya pedagang ketupat akan mematok harga lebih tinggi di momen seperti saat ini. Jika sebelumnya 1 buah ketupat dihargai seribu rupiah, maka kini rata-rata pedagang mematok Rp 1.750 per 1 ketupat.

“Kalau langganan yang biasa beli setiap hari ya tetap harganya. Tapi memang kalau lebaran begini ukurannya agak lebih besar jadi harganya naik juga,” pungkas wanita asal Pakis itu.

Baca Juga :  Tahun 2021 Kota Malang Raih WTP 10 Kali Berturut-turut

Sementara itu, pasca momen lebaran di tengah pandemi Covid-19, terpantau kondisi Pasar Kebalen pada pagi hari yang selalu dipadati pengunjung sedangkan saat siang hari cenderung lebih sepi.

Beberapa pengunjung di Pasar Kebalen pun, ada yang tidak mengindahkan ancaman bahaya penyebaran Covid-19. Hal tersebut terlihat saat beberapa pedagang dan pembeli yang masih abai protokol kesehatan dengan tidak memakai masker.

Padahal pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, penggunaan masker diluar rumah merupakan salah satu hal yang wajib di patuhi. Guna meminimalisir adanya penularan virus Covid-19 dari satu orang ke orang yang lainnya.

 

 

Pewarta : Chosa Setya
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait