ODGJ Juga Akan Dapatkan Vaksinasi Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
ODGJ Juga Akan Dapatkan Vaksinasi Covid-19
Foto: Kemenkes
Kanal Highlight Kanal Straight

ODGJ Juga Akan Dapatkan Vaksinasi Covid-19

SATUKANAL.com, NASIONAL– Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dipastikan akan tetap mendapat vaksinasi Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

“Tetap mendapatkan haknya. Sebab, vaksinasi merupakan hak seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya melalui Youtube PB Ikatan Dokter Indonesia.

Meski demikian, kata Nadia, ODGJ yang mendapatkan vaksinasi harus memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Mengingat, salah satu syarat mendapatkan vaksinasi yaitu tercatat sebagai penduduk Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK.

Syarat tersebut juga berlaku seluruh penduduk buka hanya untuk ODGJ. “Walaupun dia adalah orang dengan gangguan jiwa. Dia adalah juga rakyat Indonesia dan saya yakin akan ada NIK-nya,” ujarnya.

Baca Juga :  Kota Malang Pecah Rekor, Sehari Makamkan 18 Jenazah Covid

Sementara itu, Safrizal ZA selaku Direktur jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebut bahwa vaksinasi Covid-19 akan menjangkau ODGJ yang dirawat di rumah sakit maupun di luar rumah sakit.

“Semuanya akan didata baik yang dirawat di rumah maupun yang diyrawat di rumah sakit terutama yang di rumah sakit itu lebih mudah didata,” ujarnya.

Sedangkan untuk ODGJ yang berada di jalan, menurut Safrizal, vaksinasi Covid-19 tidak akan dilakukan. ODGJ tersebut akan mendapat penanganan dari Dinas Sosial untuk mendapatkan perawatan.

Baca Juga :  Kegigihan Kala Pandemi, Penjualan Dekorasi Rumah Kian Menjanjikan

“Dinas Sosial nantinya akan memasukkannya ke dalam panti rawat, setelah dirawat, didata dan dicari keluarganya,” kata Safrizal.

Adapun saat ini vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 16,5 juta suntikan. Pemerintah menargetkan vaksinasi mampu menjangkau 181,5 juta penduduk Indonesia.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait