Obyek Wisata Kota Batu Mulai Diuji Coba, Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Wajib - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Obyek Wisata Kota Batu Mulai Diuji Coba, Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Wajib
Suasana wisata Jatim Park 1 sebelum Pandemi Covid-19 melanda (Foto: Adinda/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Obyek Wisata Kota Batu Mulai Diuji Coba, Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Wajib

Satukanal.com, Batu – Melalui Rapat Koordinasi PPKM Jawa Bali secara virtual pada Selasa (7/9/2021) malam, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bakal melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata dengan status PPKM Level 3.

Tiga di antaranya merupakan destinasi wisata di Kota Batu. Tiga destinasi itu yakni Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, dan Batu Night Spectacular (BNS). Tentunya hal ini langsung mendapat respon positif dari Pemkot Batu.

Melalui Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu Nomor 440/11/SE/422/104/2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 COVID-19 di Kota Batu, Pemkot Batu siap menyukseskan ujicoba yang akan dilakukan.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan dalam uji coba tersebut, tempat wisata akan memberlakukan aplikasi PeduliLindungi kepada para pengunjung. Selain itu, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diterapkan secara ketat.

Baca Juga :  Pemkab Mojokerto Berencana Beri Saksi Bagi yang Tidak Mau Vaksin

Tahapan itu nantinya akan diatur oleh Kemenparekraf lebih lanjut. “Dengan aplikasi PeduliLindungi ini tujuannya sebagai screening mana-mana pengunjung yang sudah vaksin atau belum. Tak hanya pengunjung tapi juga pegawai,” ujar Dewanti , Rabu (8/9/2021).

Surat edaran yang dikeluarkan juga mengatur batasan usia maksimal pengunjung yang masuk, yakni usia rentan pada kelompok usia di bawah 12 tahun dan lansia.

Sebelumnya, sejumlah tempat wisata di Kota Batu memang sudah disiapkan dan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kota Batu agar bisa mendapat rekomendasi dari Kemenparekraf untuk dapat kembali beroperasi setelah 2 bulan ini tutup.

Selama tak bisa beroperasi ini, banyak pelaku wisata merugi. Dengan adanya rekomendasi ini, tiga destinasi wisata yang ditunjuk dapat sedikit bernafas lega. Hal itu disampaikan, Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi bahwa kini pihaknya tinggal menunggu hasil visitasi pemerintah pusat.

Baca Juga :  Support Lumbung Padi, Pemkab Blitar Dorong Produktifitas Para Petani

Jauh sebelum ini, pihaknya pun telah mengajukan QR Code ke Dinas Pariwisata Kota Batu. Tak hanya itu, Selecta juga telah mengantongi sertifikasi CHSE dan capaian vaksinasi seluruh karyawan. ”Kami berharap uji coba pembukaan tempat wisata ini sudah bisa dilakukan minggu ini,” ungkap Sujud.

Ketua PHRI Kota Batu ini belum mengetahui secara pasti kapan dimulainya uji coba operasional tiga destinasi wisata tersebut. “Waktu untuk mulai bisa uji coba kapan, kami belum tahu pasti,” pungkasnya.

Pewarta : Chosa Setya
Editor : Adinda

    Kanal Terkait