NusantaRun 8, Kepedulian Pelari Galang Donasi untuk Pendidikan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Zhintami, salah satu peserta NusantaRun, berlari sembari galang donasi untuk pendidikan. (foto: Sekolah Merdeka Belajar)
BERITA Kanal Straight

NusantaRun 8, Kepedulian Pelari Galang Donasi untuk Pendidikan

satukanal.com, Tulungagung– Berlari lebih dari sekadar olahraga. Tetapi juga memberi dampak bagi orang lain. Seperti ditunjukkan pada NusantaRun sesi 8. Kabupaten Tulungagung menjadi daerah kelima di Jawa Timur yang mendapatkan program #TerusBelajar dari NusantaRun 8, setelah Kota Kediri, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Blitar.

Di Kabupaten Tulungagung, pembukaan program SMB – NR8 #TerusBelajar digelar Kamis, 5 Agustus 2021. Dimulai pukul 13.00, acara pembukaan yang dihadiri Syaifudin Juhri, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Tulungagung dilangsungkan secara virtual melalui kanal You Tube Sekolah Merdeka Belajar (SMB). Diikuti guru dan kepala sekolah se-Kabupaten Tulungagung .

Dalam kesempatan ini, Syaifudin menyambut baik program SMB – NR8 #TerusBelajar. Menurut dia, kepedulian banyak pihak untuk dunia pendidikan sangat dibutuhkan. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini. “Kami berharap program ini bisa memberi banyak manfaat untuk guru dan kepala sekolah di Tulungagung,” ungkapnya.

Dipilih 50 Sekolah Penerima Program #TerusBelajar

NusantaRun sesi 8 ini merupakan program penggalangan donasi untuk menopang pendidikan dengan konsep yang unik. Terdapat 576 peserta dari seluruh Indonesia yang berlari dan mengunggah aktivitasnya di media sosial sembari menggalang donasi. Total dana yang diperoleh Rp660 juta. Dialokasikan 5 kota/kabupaten di Jawa Timur.

Baca Juga :  SKD PPPK Jombang Fokus di Tiga Titik

Dalam program #TerusBelajar ini, NusantaRun mengajak Yayasan Guru Belajar untuk menjalankan program pendampingan sekolah di Tulungagung. Dipilih 50 sekolah dari tingkat TK, SD dan SMP yang akan mendapatkan bantuan program pelatihan dan pendampingan serta papan permainan yang bisa digunakan untuk belajar murid. Proses seleksi akan dilakukan hingga tanggal 12 Agustus 2021, disusul program pelatihan yang berlangsung  selama 2,5 bulan.

Selain memberikan beasiswa kepada guru dan kepala sekolah, program SMB – NR8 #TerusBelajar juga melakukan sesi belajar untuk murid serta orangtua. Bahkan, bagi sekolah yang mendapat beasiswa juga akan menerima

Dian Maya Puspitasari dari Yayasan lari NusantaRun mengatakan, program ini merupakan bentuk kepedulian para pelari untuk dunia pendidikan. “Semoga beasiswa ini bisa memberikan manfaat untuk guru dan kepala sekolah di Tulungagung,” ujarnya.

Dengan program ini, dia berharap guru dan kepala sekolah di Kabupaten Tulungagung bisa menjadi idola bagi murid. Menurut dia, jika guru dan kepala sekolah sudah menjadi idola, maka pelajaran apapun yang diberikan bisa diserap dengan baik oleh anak-anak. “Saat itu terjadi, maka itu akan menjadi pintu gerbang perubahan. Karena anak akan semakin rajin sekolah dan belajar tanpa merasa menjadi beban,” bebernya.

Baca Juga :  Begini Nasib Pelaku Penyiraman Minyak Panas ke Ibu dan Anak di Blitar

Yayasan Guru Belajar selaku lembaga yang akan menjalankan kegiatan ini, akan melakukan beberapa tahapan kegiatan pelatihan dan pendampingan baik untuk guru, kepala sekolah, orangtua serta murid.

Rizqy Rahmat Hani, ketua Sekolah Merdeka Belajar, mengatakan dalam program ini, semua guru dan kepala sekolah di jenjang TK, SD, dan SMP se-Tulungagung bisa mendaftar dan bisa mengikuti pra program. Di mana, nantinya akan ada 50 sekolah yang akan terpilih untuk mengikuti program SMB – NR8 #TerusBelajar. “Untuk tahap awal, semua guru dan kepala sekolah TK, SD, dan SMP se-Kabupaten Tulungagung bisa ikut pra program,” paparnya.

Rizqy menambahkan, dalam mengikuti program ini guru dan kepala sekolah nantinya diharapkan bisa menerapkan merdeka belajar di sekolahnya. Sehingga, proses belajar mengajar di kelas hingga hubungan guru dan murid bisa semakin mendukung terciptanya lingkungan belajar yang lebih baik.(*)

Sumber : Press Release Sekolah Merdeka Belajar

Editor : Danu Sukendro

Kanal Terkait