NGOPI Jumat Bareng Bupati Kediri, Budayawan Ingin Satukan Komunitas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Budayawan Ingin Satukan Komunitas, di Ngopi Jumat Bareng Bupati Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

NGOPI Jumat Bareng Bupati Kediri, Budayawan Ingin Satukan Komunitas

SATUKANAL.com, KEDIRI – Bupati Kediri, Hanidhito Himawan Pramono, memberikan perhatian lebih terhadap perkembangan kebudayaan dan kesenian. Hal tersebut diungkapkan saat memulai program kerja Ngopi (Ngobrol Permasalahan dan Solusi) pada hari Jumat (5/3) perdana di Pendopo Kabupaten Kediri.

“Soal kebudayaan kita kaji untuk regulasinya seperti apa. Kalau tidak ada hambatan. Setelah tanya ke Pak Sekda peraturan hanya cukup bentuk Perbup (Peraturan Bupati),” kata Bupati Kediri, yang kerap disapa Mas Bup.

Dia mengungkapkan akan segera membentuk Dewan Kesenian dan Kebudayaan di Kabupaten Kediri. Apabila tidak ada hambatan, secepat mungkin kisaran waktu satu bulan akan terbentuk dalam peraturan Perbup.

Baca Juga :  Susunan Pemain Persik Melawan Persela Lamongan

Sementara itu Yustiono Fathoni selaku budayawan, turut menyampaikan aspirasi dalam kegiatan Ngopi Jumat. Dengan pembentukan Dewan Kesenian dan Kebudayaan, diharapkan dapat merangkum seluruh komunitas kebudayaan di Kabupaten Kediri.

“Saya menginginkan Dewan Kesenian dan Kebudayaan ini, bisa menyeluruh ke komunitas seluruh Kabupaten Kediri. Bukan hanya beberapa komunitas tertentu,” jelas Yustiono, juga selaku perwakilan komunitas Sanggar Panji Sasana Nuswantoro, Desa Bedhuk Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), disebutkan jumlah komunitas kesenian dan kebudayaan mencapai ribuan tersebar di 26 Kecamatan kabupaten Kediri. Ada sebanyak 10 objek kemajuan kebudayaan PPKD, antara lain ritus, situs, permainan tradisional, olahraga tradisional, seni, bahasa, dan sebagainya.

Baca Juga :  Kerugian Pemegang Polis Bumiputera Kanwil Kediri Hingga 1 Triliun

“Selain itu, saya ingin menyampaikan masalah PPKD. Yang sampai saat ini belum dimiliki oleh kabupaten Kediri,” tuturnya.

Dia juga menambahkan dengan adanya acara ngopi Jumat ini, masyarakat menjadi lebih dekat dengan Bupati Kediri. Bahkan secara khusus akan selalu hadir untuk mengawal penyampaian aspirasinya.

“Secara khusus, mungkin saya akan selalu datang, setiap hari Jumat untuk menjalin keraketan bersama,” pungkasnya.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait