Ngetwit Soal Covid-19 RI, Dokter Faheem Younus Beri Rekomendasi Obat saat Isoman - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ngetwit Soal Covid-19 RI, Dokter Faheem Younus Beri Rekomendasi Obat Saat Isoman
Tweet Dokter Faheem Younus
BERITA Kanal Highlight Kanal Viral

Ngetwit Soal Covid-19 RI, Dokter Faheem Younus Beri Rekomendasi Obat saat Isoman

Satukanal.com, Nasional – Nama Dokter Faheem Younus baru-baru ini jadi sorotan warganet di Twitter. Pasalnya dalam beberapa hari belakangan, ia memberikan perhatian khusus terkait kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pandemi Covid-19 di Indonesia yang kini kembali alami peningkatan kasus pasien positif, hal tersebut menyebabkan banyak rumah sakit kelebihan daya tampung. Sementara pasien Covid-19 bergejala ringan dan tanpa gejala dianjurkan untuk melakukan Isolasi mandiri atau Isoman.

Melihat kondisi tersebut, dokter asal University of Maryland Amerika Serikat ini memberikan beberapa rekomendasi obat bagi masyarakat Indonesia yang dinyatakan positif Covid-19 dan sedang menjalankan Isolasi mandiri di rumah.

Melalui akun Twitternya yakni @FaheemYounus. Tweet miliknya yang ditulis menggunakan Bahasa Indonesia sontak menarik perhatian masyarakat Indonesia. Selain lebih mudah dipahami, mereka juga ikut meninggalkan komentar pada cuitannya.

Baca Juga :  Turun Level 3 Pemkab Blitar Gratiskan Swab Antigen Bagi Masyarakat

Hal ini dilakukannya lantaran menurutnya beberapa hari belakangan kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia, hanya dalam dua minggu hampir menyerupai India. “Dalam dua minggu, situasi Indonesia mulai menyerupai India,” tulisnya.

Beberapa kiat-kiat yang dibagikan dokter Younus dan dapat diterapkan oleh pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman yakni:

Menggunakan tablet parasetamol untuk demam, Budesonide inhaler atau obat kortikosteroid untuk mengatasi peradangan, seperti asma, rhinitis alergi, croup, atau penyakit Crohn dalam bentuk inhaler sebanyak dua kali sehari, serta semprotan Oxymetazolone untuk hidung tersumbat.

“Tidak perlu antibiotik, ivermectin, seng, atau steroid,” tulis Younus.

Bagi pasien positif Covid-19 yang sedang menjalankan pengobatan di rumah, Faheem Younus tidak menyarankan untuk membeli obat-obatan yang mahal. Sebab obat-obatan tersebut belum tentu dapat menyelamatkan nyawa. “Deksametason dan antikoagulan bekerja paling baik,” terangnya.

Baca Juga :  Mabes Polri Terbitkan Ijin Liga 1, Syaratkan Aplikasi PeduliLindungi untuk Double Check

Dokter asal University of Maryland ini juga melarang pasien Covid-19 yang menjalani isoman untuk mengobati diri sendiri dengan fasilitas oksigen bantuan seperti di rumah sakit, “Hanya untuk pasien rawat inap yang membutuhkan oksigen” tulisnya.

Selanjutnya, dirinya juga menyarankan bagi yang anggota keluarganya terinfeksi Covid-19 dan terpaksa isolasi mandiri di rumah, untuk memisahkan kamar tidur dan kamar mandi pasien dengan anggota keluarga yang lain.

“Jangan ulangi tes Covid karena dapat bertahan lebih selama berminggu-minggu tetapi pasien tidak menular lebih dari 10 hari,” terangnya.

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait