Ngaji Ramadhan di Ndalem KH Hasyim Asy'ari, Ponpes Kapurejo Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ngaji Ramadhan di Ndalem KH Hasyim Asy'ari, Ponpes Kapurejo Kediri
BERITA KABUPATEN KEDIRI

Ngaji Ramadhan di Ndalem KH Hasyim Asy’ari, Ponpes Kapurejo Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRIPondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Kapurejo Kabupaten Kediri, mempunyai ciri khas kegiatan tersendiri pada bulan suci Ramadhan.

Lokasi pondok yang notebene pernah menjadi tempat tinggal KH Hasyim Asy’ari, tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) selama 2 tahun di Dusun Kapurejo, Desa Pagu, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri  kini menjadi salah satu tempat mengaji untuk para santri Ponpes Salafiyah, Kapurejo.

“Khasnya yang membedakan daripada ponpes yang lain. Kalau bulan Ramadhan malah ramai, karena yang nduduk (pulang pergi) sekarang ikut mondok (bertempat tinggal),” kata pengasuh Ponpes Salafiyah Kapurejo Mohammad Chamdani Bik, kepada satukanal.com, Senin 19 April 2021.

Baca Juga :  Penyekatan Mudik Kabupaten Kediri, Tak Berlaku Untuk wilayah Karisidenan Kediri

Dia juga menjelaskan setiap hari para santri belajar ilmu agama di Ponpes Salafiyah Kapurejo, dikenal kebanyakan pulang pergi. Hanya sedikit yang tinggal dan melakukan aktifitas sehari-hari di wilayah ponpes.

Namun di setiap bulan suci Ramadhan seperti ini, para santri kebanyakan lebih memilih untuk menetap dan bertempat tinggal di area Ponpes. “Kegiatannya pengajian kecil-kecilan. Kalau Sekolah Diniyah pondok tetep masuk,” ucap pengasuh Ponpes yang kerap disapa Gus Bik.

Gus Bik mengaku, sistem mengajar di Sekolah Diniyah Ponpes, mempunyai kurikulum belajar tersendiri dalam mengajar para santri. Lebih ke bentuk salafiyah, yang mengajarkan syariat Islam secara murni tanpa adanya penambahan dan pengurangan.

Baca Juga :  Pemkab Kediri Siap Dukung Pembangunan Proyek Jalan Tol Kediri - Nganjuk

Disebutkan peningkatan jumlah santri sebelum, dan memasuki bulan Ramadhan sekitar 50 persen. Dengan kisaran jumlah santri sebanyak 400 orang. “Disini Diniyah pesantren seperti kitab kuning. Kurikulumnya, memakai kurikulum sendiri,” ucapnya.

Diketahui Ponpes Salafiyah Kapurejo, menjadi salah satu pondok tertua yang ada di Kabupaten kediri. Ponpes ini juga hendak diwacanakan menjadi Cagar Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri.

 

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait