Nenek Pensiunan ASN di Kediri Jadi Korban Penipuan, Jutaan Rupiah Raib - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Nenek Pensiunan ASN di Kediri Jadi Korban Penipuan, Jutaan Rupiah Raib
Siti Sri Ulupi, nenek pensiunan Pegawai Negeri Sipil di Kota Kediri (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Nenek Pensiunan ASN di Kediri Jadi Korban Penipuan, Jutaan Rupiah Raib

Satukanal.com, Kediri – Siti Sri Ulupi, nenek (82tahun) pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Kediri jadi korban penipuan mengatasnamakan ulang tahun perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Modus dilakukan dengan mengiming-imingi hadiah elektronik Televisi, dengan syarat mentransfer uang melalui mesin ATM sebagai tebusan.

“Saya mendapat panggilan melalui telfon rumah, katanya dari kantor telpon pusat Jakarta. Mendapatkan juara ke 2 ulangtahun Telkom di Kediri,” kata perempuan warga Kelurahan Kemasan Kota Kediri, kepada satukanal.com, Kamis (19/8/2021).

Dia juga bercerita bakal mendapatkan hadiah ulang tahun berupa Televisi dengan syarat membawa struk transfer dari ATM. Tak lama kemudian langsung pergi untuk melakukan transfer ATM melalui rekening pribadinya.

Baca Juga :  Sudah Level Dua, Pakar Kesehatan Jombang Ingatkan untuk Tidak Lengah

Dikatakan saat melakukan transfer uang tersebut, dia mengaku dengan keadaan tidak sadar. Bahkan sempat diperintahkan untuk memilih-milih lokasi ATM dipinggiran jalan dengan tanpa memberitahu siapapun.

“Sampai disana dia telfon sampai ga boleh dimatikan dan memberitahu siapapun. Selama berlangsung itu, saya nggak sadar kalau saya mengirim ke rekeningnya orang,” tutur Siti sambil bersedih.

Setelah selesai mengeluarkan struk ATM terakhirnya, dia sadar sudah mengirimkan 4 tahap dari rekening pribadinya. Dengan total nilai uang yang dikirimkan sebanyak 7,3 juta rupiah kepada nomor rekening yang diperintahkan penelpon.

Hanya disisakan sedikit, sejumlah 200 – 300 rupiah. “Totalnya saya kirimi 7,3 jutaan, disisakan cuma beberapa rupiah,” jelasnya.

Lebih lanjut, saat ini Siti sudah meneruskan laporan dugaan penipuan online ini ke pihak berwenang Polresta Kediri. Dirinya berharap pelakunya juga segera tertangkap.

Baca Juga :  Hindari Calo SKD, CASN Kediri Wajib Lewati Teknologi Face Recognition

“Pelakunya kalau bisa ditangkap,karena bertindak tidak semestinya. Saya sudah tua ditipu, itu uang hasil simpanan sebagai PNS,” tegasnya.

Sementara itu, Humas Polresta Kediri AKP Ni Ketut Suarningsih, membenarkan adanya laporan dugaan penipuan dari warga Kelurahan Kemasan Kota Kediri ini.

Menurutnya kasus seperti ini, sering terjadi dan dialami oleh masyarakat. Lebih lanjut, kasus dugaan penipuan online ini sedang dalam proses penyelidikan Reskrim Polresta Kediri.

“Kasus ini sudah sering terjadi di masyarakat. Dan ini masih dalam proses penyelidikan Reskrim,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anis Firmansyah

Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait