Nadiem Pastikan CPNS Guru 2021 Tetap ada, Namun Fokus Rekrut PPPK | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Nadiem Pastikan CPNS Guru 2021 Tetap ada, Namun Fokus Rekrut PPPK
BERITA HIGHLIGHT KANAL VIRAL STRAIGHT NEWS

Nadiem Pastikan CPNS Guru 2021 Tetap ada, Namun Fokus Rekrut PPPK

SATUKANAL.com, NASIONALNadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kubudayaan (Mendikbud) memastikan bahwa, pada rekrutmen CPNS 2021 untuk formasi guru akan tetap ada.

Pernyatanan tersebut disampaikan Nadiem guna menjawab kabar mengenai Kemendikbud yang hanya akan membuka formasi CPNS 2021 untuk status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau kontrak.

Nadiem menyampaikan bahwa, “Bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan dari Kemendikbud,” Ujar Nadiem dikutip dari akun instagram pribadinya.

Pada CPNS 2021 mendatang, Pemerintah akan mengonfirmasi bahwa fokus rekrutmen CPNS 2021 hanya satu juta guru berstatus PPPK guna memenuhi kebutuhan guru yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Siapkan Layanan Kalender Dan Email, Apakah Zoom Ingin Saingi Google?

Nadiem juga menjelaskan, Pada rekrutmen CPNS 2021 mendatang kinerja dari para guru PPPK yang baik nantinya akan menjadi pertimbangan saat melamar menjadi CPNS. “Kami terus memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya,” Ujarnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelumnya mengumumkan bahwa, profesi guru mulai tahun 2021 tidak akan lagi masuk kategori CPNS, sebagai gantinya rekrutmen guru hanya akan dilakukan lewat jalur PPPK. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan 1 juta guru di wilayah Indonesia.

Bima Haria Wibisana selaku Kepala BKN menyampaikan, akan menjamin guru berstatus PPPK tetap akan memperoleh hak yang sama dengan ASN, mulai dari gaji hingga tunjangan, aturan tersebut juga tertuang dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK.

Baca Juga :  3 Rekomendasi Virtual Vacation Saat Pandemi

Kepala BKN tersebut mengatakan bahwa, Kebijakan rekrutmen guru PPPK telah dibahas sejak lama. Hal tersebut juga telah dibahas oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“akan mempermudah manajemen guru dan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan,” Ujar Bima.

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait