Musnahkan Ribuan Obat Terlarang, Kejari Kota Malang : Ternyata Ada Tren Kenaikan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Musnahkan Ribuan Obat Terlarang, Kejari Kota Malang : Ternyata Ada Tren Kenaikan

Satuchannel.com, Kota Malang – Hari ini, senin (17/7), Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang lakukan pemusnahan ribuan barang bukti narkotika dan obat terlarang lainnya. Barang itu didapat dari pengungkapan Polres Malang Kota yang sudah mendapat keputusan hukum tetap.

Pemusnahan barang haram ini langsung diikuti Wali Kota Malang, H.M Anton, dan Kapolres Malang Kota, AKBP Hoiruddin Hasibuan, untuk mendampingi Kepala Kajari Kota Malang, Purwanto Joko Irianto.

Walikota Malang bersama Kapolresta dan Kepala Kejari Kota Malang (Aris)

Dalam hal ini, Joko menjelaskan pemusnahan itu didapat dari 318 perkara narkotika dengan rincian, ganja seberat 14,160 kg, sabu 684,27 gram dan pil dobel L atau pil koplo sebanyak 184,545 ribu butir. Untuk ganja sendiri pun ada 95 perkara yang berhasil diungkap. Semua yang dipaparkan Joko merupakan hasil ungkap yang terjadi di Kota Malang.

Baca Juga :  Dinkes Kota Malang Jamin Aman, 100 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca Didistribusikan

“Ini hasil perkara sejak Juli 2016 hingga sekarang. Memang ada tren kenaikan, tapi semoga bisa terus diungkap dan mengalami penurunan,” terangnya kepada rekan-rekan wartawan.

Joko berharap, pemusnahan ini sebagai bentuk komitmen Pemkot Malang dan jajarannya untuk serius dalam memberantas narkoba. Pasalnya barang haram ini, angka pengungkapan kasusnya masih terbilang cukup tinggi, sehingga harus benar-benar serius diberantas oleh semua pihak.

“Kami harap penangkapan dan pengungkapan kasus narkoba bisa mencegah generasi muda untuk ikut memakai barang haram ini,” tegasnya.

Baca Juga :  Akhir Tahun 2021, Malang Bakal Miliki 3 SMP Baru

Perlu diketahui, Sebagian besar dalam pemusnahan barang-barang tersebut melanggar Undang-undang (UU) No. 36 tahun 2001 tentang kesehatan dan UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. (GUM)

Kanal Terkait