Museum Singhasari Terimbas Belum Lancarnya PTM - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Museum Singhasari Terimbas Belum Lancarnya PTM
Museum Singhasari (Foto: Wildan Agta/ Saatukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Pesona

Museum Singhasari Terimbas Belum Lancarnya PTM

Satukanal.com, Malang – Bertolak belakang dengan Pasar Singosari yang riuh. Museum Singhasari yang juga berada di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Senin (21/6/2021) itu nampak sepi. Hanya ada beberapa motor yang terparkir di depannya. Itupun tak lebih dari 10 motor saja.

Meski terlihat biasa saja, hal tersebut merupakan fenomena tak lazim. Pasalnya, museum tersebut biasanya dipenuhi oleh wisatawan yang ingin mencari pengetahuan tentang Kerajaan Tumapel atau lebih dikenal dengan sebutan Kerajaan Singhasari. Bahkan, banyak sekolah yang melakukan study tour juga pembelajaran luar ruangan disana.

“Memang lagi turun karena pandemi. Dulu bahkan wisatawan datang dengan rombongan bis. Sekarang untungnya meskipun sepi, tetap ada saja setiap harinya,” terang Pemandu Museum, Bagus Rooseno. Sebelum pandemi Covid-19 datang, anak sekolah maupun pelancong luar daerah rutin hadir.

Baca Juga :  UB Distribusikan 86 Hewan Kurban

Mereka datang untuk bisa belajar sejarah kerajaan beserta peninggalan yang ada. Apalagi dengan legenda besar Kerajaan Singhasari tentang Ken Arok dan Ken Dedes. Daya tarik sebagai salah satu kerajaan tertua di Tanah Jawa sangat melekat erat.

Ditambah lagi, adanya beberapa situs yang jaraknya tidak jauh dari museum. Contohnya Candi Singasari, Pemandian Ken Dedes maupun jejak peninggalan lain. Wisatawan bisa berwisata sekaligus belajar mengenai napak tilas peradaban Singhasari.

Pengunjung tidak dikenai biaya untuk masuk ke Museum Singhasari. Wisata edukasi ini buka mulai pukul 08.30 hingga 15.00 WIB, di hari Senin sampai Jumat. Meski minim pengunjung, pihak pengelola masih bisa maksimal dalam perawatan.

Baca Juga :  PPKM Darurat Diperpanjang, Sutiaji : Kuncinya Di Masyarakat

Alasannya, ada biaya perawatan yang rutin dikucurkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Malang. “Yang jelas dari pengelola ingin agar museum ini lebih baik lagi. Pastinya, imbasnya akan ke tingkat kunjungan,” harapnya.

Sebagai informasi, di Museum Singhasari sendiri telah memiliki ratusan koleksi didalamnya. Koleksi tersebut terdiri dari replika arca, barang antik, senjata Nusantara serta beberapa pajangan topeng malangan yang terdiri dari 72 karakter topeng.

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait