Mulai 2022, BPJS Kesehatan Terapkan Kelas Standar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mulai 2022, BPJS Kesehatan Terapkan Kelas Standar
Kartu BPJS Kesehatan (Foto: Viska)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Mulai 2022, BPJS Kesehatan Terapkan Kelas Standar

Satukanal.com, Nasional – Bagi para peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, kelas layanan pada tahun 2022 mendatang akan diubah. Semula, kelas pelayanan terbagi menjadi kelas 1, 2, dan 3. Namun, kini akan diubah menjadi penerapan “kelas standar”.

Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Tubagus Achmad Choesni mengatakan, penerapan kelas standar tersebut nantinya akan dilakukan secara bertahap. Sementara, Konsep kelas standar akan terbagi menjadi dua yakni:

  1. Kelas jaminan kesehatan nasional (JKN) untuk peserta JKN
  2. Kelas non-JKN untuk peserta umum atau peserta JKN yang ingin naik kelas perawatan.
Baca Juga :  Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka, Ini Persyaratannya

Nantinya, BPJS Kesehatan akan bekerja sama dengan Rumah Sakit untuk menentukan indikator dalam penentuan standar tersebut. Kriteria ini untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien yang lebih optimal tanpa ada perbedaan, sehingga pasien JKN akan dilayani dengan lebih baik.

Diketahui, penetapan kelas standar ini bukan berarti layanan yang diberikan hanya berupa standar terendah atau minimal. “Kelas standar ini jangan diartikan dalam istilah kelas minimal, tapi adalah standardisasi untuk kelas rawat inap JKN,” ujarnya.

Baca Juga :  Menggunakan Pasta Gigi Berbahan Charcoal, Amankah?

Terkait dengan iuran, Tubagus Achmad masih belum bisa mengungkapkan besarannya untuk masing-masing kelas standar ke publik. Dikarenakan hal tersebut masih dalam difinalisasi dengan mempertimbangkan berbagai aspek secara mendalam dan hati-hati bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Perhitungan iuran harus dilakukan paling tidak dengan memperhatikan inflasi, dan biaya kebutuhan jaminan kesehatan. “Yang sangat penting juga adalah memperhatikan kemampuan membayar iuran peserta, terutama jika kita lihat di masa pandemi seperti sekarang ini,” jelasnya.

 

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait