Mulai 2022 Bandara Soekarno-Hatta Bakal Terapkan Teknologi Pengenalan Wajah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mulai 2022 Bandara Soekarno-Hatta Bakal Terapkan Teknologi Pengenalan Wajah
Ilustrasi bandara saat PPKM (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Straight

Mulai 2022 Bandara Soekarno-Hatta Bakal Terapkan Teknologi Pengenalan Wajah

Satukanal.com, Nasional – Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, menyampaikan bahwa PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan teknologi biometrik pengenalan wajah (face recognition) akan mulai diaplikasikan di Bandara Soekarno-Hatta mulai tahun depan.

“Perangkat ini akan terintegrasi dengan Aplikasi Travelin dan juga TravelinKiosk yang akan disediakan di Bandara,” kata Yado.

Sementara itu, pengguna dapat melakukan validasi data identitas, boardingpass serta data kesehatan (PeduliLindungi) melalui TravelinLane dan TravelinKiosk.

Terkait dengan layanan pengenalan wajah, sedang dalam uji coba dan proses verifikasi oleh Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan untuk memastikan proses ini memenuhi aspek keamanan penerbangan.

Baca Juga :  PLN Klaim Pakai Mobil Listrik Lebih Hemat, Benarkah?

Chief Project Business Digital Airport Angkasa Pura II Wahyu Cahyadi mengatakan, sistem deteksi wajah ini  akan diterapkan secara penuh di Bandara Soekarno-Hatta dan akan dilakukan secara bertahap kemudian di bandara-bandara lain yang dikelola AP II.

Melalui teknologi ini penumpang pesawat di bandara AP II dapat merasakan pengalaman baru yang kami sebut dengan New Experience through (X) Technology Airport 4.0 atau NEXT Airport 4.0.

Baca Juga :  2 Cara Bikin Stiker WhatsApp Sendiri, Bisa Pakai WhatsApp web atau Aplikasi

Tujuannya adalah meningkatkan sektor kebandarudaraan nasional ke level yang lebih tinggi lagi dari sekarang, dan sejalan dengan global best practice.

Sistem face recognition tersebut akan semakin mempermudah penumpang, karena tidak lagi harus menunjukkan dokumen fisik untuk pemeriksaan di SCP 2.

Perlu diketahui, SCP 2 merupakan titik pemeriksaan keamanan sebelum penumpang menuju boarding lounge untuk menunggu naik ke pesawat. Sistem face recognition ini akan semakin mempermudah penumpang karena tidak lagi harus menunjukkan dokumen fisik untuk pemeriksaan di SCP 2.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait