Mulai 2 September, Simak Persyaratan Sebelum SKD CPNS 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mulai 2 September, Simak Persyaratan Sebelum SKD CPNS 2021
Website resmi SSCASN (Foto: Portal SSCASN)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Mulai 2 September, Simak Persyaratan Sebelum SKD CPNS 2021

Satukanal.com, Nasional – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serta calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non-Guru akan memasuki tahap seleksi kompetisi dasar (SKD) yang dijadwalkan pada 2 September 2021.

Bagi calon peserta seleksi perlu mengetahui beberapa ketentuan bagi peserta yang harus dilakukan sebelum mengikuti SKD CPNS 2021. Dilansir dari surat rekomendasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor: B- 115/KA SATGAS/PD.01.02/8/2021, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi peserta SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru.

Berikut syarat sebelum pelaksanaan SKD yang mesti diketahui oleh para peserta CPNS 2021. Simak selengkapnya :

  1. Melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2×24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1×24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti seleksi CASN Tahun 2021
  2. Menggunakan masker 3 lapis dan ditambah masker kain di bagian luar atau double masker
  3. Menjaga jarak minimal 1 meter
  4. Mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer
  5. Ruang kegiatan maksimal diisi 30 persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2021 yang akan dilakukan
  6. Khusus bagi peserta seleksi CASN Tahun 2021 di Jawa, Madura, dan Bali wajib sudah divaksin dosis pertama
  7. Pengecualian diberikan kepada peserta yang memiliki kondisi sedang hamil, penyintas Covid-19 kurang dari tiga bulan, dan penderita komorbid. Peserta yang mengalami salah satu dari tiga kondisi tersebut harus mendapatkan surat keterangan dokter yang menyatakan tidak dapat diberikan vaksin.
  8. Peserta wajib mengisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di portal SSCASN dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat H-1 sebelum ujian
Baca Juga :  Gelar SKD PPPK Saat Pandemi, Pemkab Blitar Terapkan Prokes Ketat

Selain ketentuan diatas, panitia seleksi juga akan melakukan pengukuran suhu kepada para peserta seleksi. Peserta dapat mengikuti seleksi apabila suhu tubuhnya kurang dari 37,3 derajat Celcius. Sementara peserta dengan suhu tubuh lebih atau sama dengan 37,3 derajat Celcius akan dilakukan pemeriksaan ulang dalam rentang waktu lima menit.

Apablia pada pemeriksaan kedua, peserta tersebut tetap memiliki suhu tubuh lebih dari atau sama 37,3 derajat Celcius, maka tim kesehatan akan memeriksa kondisi peserta dengan ditangani petugas khusus dan ruang seleksi terpisah.

Baca Juga :  Kasus Jual Beli Jabatan Kades di Probolinggo, KPK Sita Rp362 Juta

Sementara itu, lokasi SKD penerimaan CPNS 2021 dapat dipantau dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan mengakses Sistem Seleksi CPNS Nasional atau SSCASN melalui sscasn.bkn.go.id. Cara kedua adalah dengan memantau website dan media sosial resmi masing-masing instansi.

Sistem seleksi yang dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu memiliki fitur Layanan Informasi, yang memungkinkan pengunjung sistem mengakses jadwal SKD CPNS 2021. Untuk menggunakan fitur tersebut, calon peserta ujian SKD dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Melalui browser buka laman sscasn.bkn.go.id
  2. Pada menu bar, klik “Layanan Informasi”
  3. Kemudian pilih “Jadwal Ujian”
  4. Halaman akan terbuka secara otomatis

Namun hingga 1 September ini, informasi mengenai jadwal dan lokasi ujian SKD CPNS 2021 belum tersedia di Layanan Informasi tersebut. Peserta masih harus menunggu beberapa waktu untuk menggunakan fitur ini.

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait