Muhammad Nizar Abdillah, Remaja Disabilitas yang Ukir Prestasi Lewat Keterbatasan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Muhammad Nizar Abdillah, Remaja Disabilitas yang Ukir Prestasi Lewat Keterbatasan
Nizar saat menjadi juara di salah satu lomba seni (Foto: Dokumentasi Alfan)
BERITA Kanal Figur Kanal Highlight

Muhammad Nizar Abdillah, Remaja Disabilitas yang Ukir Prestasi Lewat Keterbatasan

Siapa yang bakal menyangka, seorang remaja penyandang disabilitas asal Jombang ini mampu menembus batas kekurangannya. Berprestasi bagi manusia normal pada umumnya sudah lumrah terjadi. Namun, bagaimana dengan orang yang punya kekurangan?

Anggit Puji- Satukanal.com, Jombang 

Berawal dari ketidaksengajaan, bakat Muhammad Nizar Abdillah, ditemukan oleh Alfan, seorang pemilik kedai di Jombang yang juga terobsesi akan seni.

Kisah awal, seperti yang diceritakan Alfan, semuanya bermula dari pertemuan di acara workshop seni pantomim di kedai Rumah Merdeka (Rudeka) Jombang milik Alfan.

Dari kejauhan, ada seorang remaja 18 tahun tuna rungu asal Sambong Dukuh, Jombang bertemu dengan Alfan. Saat itu, Nizar masih duduk di bangku SMP Sekolah Luar Biasa (SLB) Jombang.

“Anak itu punya bakat luar biasa dalam menghibur. Didukung sama karakter dan bersosialnya yang baik,” ucap Alfan pada wartawan pada Kamis (23/9/2021).

Alfan menceritakan bahwa dua tahun yang lalu, dirinya berkenalan dengan semua peserta.  Salah satu yang saya kagumi yaitu Nizar.

“Walau punya perbedaan dengan yang lain, penampilannya sangat menghibur dan karakter orangnya baik dan mudah akrab,” lanjutnya.

Setelah pertemuan itu, keduanya mulai akrab. Nizar juga seringkali ingin belajar dan dibimbing oleh Alfan. Sehingga ia pun memberi ruangan khusus di kedainya sebagai tempat singgah bagi Nizar untuk belajar.

Baca Juga :  BPCB Jatim Sebut Situs Watukucur Jombang Tempat Suci Hindu Era Majapahit

“Ada satu ruangan khusus memang untuk belajar mengembangkan potensinya,” kata Alfan.

Tidak hanya Alfan, bagi Nizar melalui bahasa isyarat yang diterjemahkan, dirinya merasa senang dengan Alfan dan menikmati suasana di kedai milik Alfan

“Waktu itu saya senang dengan mas Alfan yang mau membimbing dan mengajari dalam segala hal di kedai ini. Tentunya seringkali saya mengembangkan kemampuan di bidang seni pantomim, karena saya suka berekspresi dan disana pasti ada komedi,” ujarnya melalui Alfan.

Selain senang dengan kepribadian Alfan. Ia juga nyaman dengan suasana kedai yang menurutnya sangat mendukung untuk proses belajar maupun diskusi.

“Apalagi tempatnya juga seringkali adakan belajar bersama dan semacam menampilkan pertunjukan dimana-mana. Dari situ saya seringkali tidur dan bermain disini bersama pelanggan dan juga belajar dengan seniman lainnya,” jelasnya.

Buah proses tidak akan mengkhianati hasil adalah rangkaian nyata yang dialami Nizar. Berkat semangat belajar yang tinggi dan terus berlatih, secara tidak langsung perjuangan Nizar terbayar dengan diundang untuk tampil di beberapa tempat di Jombang hingga bisa mengikuti lomba kesenian.

Baca Juga :  Sekda Jombang Segera Ditetapkan

“Lebih 30 kali selama saya di sini ikut menampilkan pertunjukan, mulai dari acara drama hingga pantomim. Untuk tempat penampilannya terkadang menghibur anak-anak muda di daerah yang minim dengan tempat hiburan,” tuturnya.

Bakat pantonim yang ia miliki sudah mulai nampak saat berada di sekolah. Mulai dari gelar prestasi pentas seni se-Jombang hingga tingkat Jawa timur, dari ikut lomba pramuka, pentas seni, dan lainnya. Nizar juga pernah membawa nama Jombang, saat dirinya berhasil juara dua Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional yang digelar di Hotel Orchids Batu Malang.

Dalam harapannya, ia menuturkan, semoga ke depan ia bisa terus bangkit membawa nama Jombang yang lebih baik dan juga mendukung dengan motto Bupati yang berkarakter dan berdaya saing.

“Saya harap ini bisa terus melanjutkan kemampuannya dalam mengikuti lomba-lomba apapun. Sehingga bisa lebih semangat lagi dalam mewujudkan motto Bupati Jombang berkarakter dan berdaya saing,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

    Kanal Terkait