Mudik Lebaran 2021, Operasi Ketupat Terus Dimatangkan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Catat! Ini Syarat Terbaru Perjalanan Dalam Negeri Mulai 1 April 2021
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Mudik Lebaran 2021, Operasi Ketupat Terus Dimatangkan

Satukanal.com, Nasional – Pemerintah telah memutuskan tidak lagi melarang mudik lebaran pada 2021. Operasi Ketupat pun tengah dipersiapkan agar pelaksanaan mudik lebaran atau Idul Fitri yang jatuh pada 13 Mei 2021, lancar dan terkendali di masa pandemi seperti saat ini.

Operasi Ketupat sendiri adalah sebutan dari kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk mengamankan jalur mudik pada masa Lebaran Idul Fitri.

Diperbolehkannya mudik lebaran pada 2021 tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pemerintah tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran pada tahun ini. “Pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang,” ungkap Menhub.

Baca Juga :  Hari Ini, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Resmi Dibuka. Catat Cara Daftarnya!

Budi Karya memaparkan bahwa mudik Lebaran 2021 bisa terlaksana dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat mulai dari tempat keberangkatan, selama perjalanan, sampai di tempat kedatangan.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam pernyataannya mengingatkan jajarannya segera mempersiapkan langkah-langkah dalam pelaksaan Operasi Ketupat 2021. Sehingga Operasi Ketupat jelang Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 13 Mei 2021 terkendali di masa pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan menyampaikan, sejauh ini pihaknya tengah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah stakeholder terkait dengan kebijakan ini. Termasuk, beberapa diantaranya merupakan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Aplikasi Digital Korlantas Polri, Perpanjang SIM Mudah Tanpa Datang Langsung

“Sesuai dengan pedoman pemerintah mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan kami rapat dengan stakeholder terkait untuk kesiapannya, diantaranya adalah satgas Covid-19” ujar Rudy.

Rudy menerangkan, pihaknya juga akan menggelar rapat dengan Asisten Operasi (Sops) Kapolri untuk menyusun rencana operasi ketupat 2021 dengan menyesuaikan kebijakan yang telah diatur oleh pemerintah.

Penyesuaian tersebut berkaitan dengan pelonggaran larangan mudik, penyekatan dan checkpoint di beberapa titik seperti mudik pada tahun sebelumnya. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa mudik lebaran tahun ini. Pemerintah juga akan melaksanakan tracing secara ketat terhadap masyarakat yang bepergian.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait