Mudah Dilakukan di Rumah! Ini Cara Merawat Tanaman Sukulen Untuk Pemula - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
cara merawat sukulen
Sukulen (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Mudah Dilakukan di Rumah! Ini Cara Merawat Tanaman Sukulen Untuk Pemula

Satukanal.com, Nasional– Salah satu tanaman yang tidak pernah habis peminatnya adalah sukulen atau succulent. Ada cara merawat sukulen yang bisa dilakukan.

Tak sedikit yang masih keliru menganggap sukulen sama dengan kaktus, padahal kenyataannya tidak demikian. Kaktus adalah salah satu jenis sukulen, tapi tak semua tanaman sukulen adalah kaktus.

Tanaman hias ini menyimpan air hanya di bagian batang, sehingga memiliki tampilan khas yang unik. Ukuran tanaman sukulen umumnya kecil, sehingga kerap dianggap mudah dirawat.

Meski begitu, cara merawat sukulen tetap perlu perlakuan khusus yang tepat agar dapat tumbuh awet dan cantik. Lantas, bagaimana cara merawat tanaman sukulen yang tepat? Berikut ulasannya:

1. Lakukan Penyiraman Secara Berkala

Meski tampilannya kering, sukulen tetap membutuhkan air. Kuncinya adalah menunggu tanah kering di antara jadwal penyiraman, agar akarnya bisa bernapas.

Cara mengetahui apakah tanaman sukulen sudah mendapatkan jumlah air yang tepat yakni dengan melihat kondisi daunnya. Jika sukulen sedang haus, daunnya akan terlihat layu dan tidak berkilau.

Baca Juga :  Mengenal MIS-C, Berisiko Serang Anak-anak Usai Sembuh dari Covid-19

Sementara itu jika sukulen disiram terlalu banyak, daunnya akan tampak lembek, menguning atau malah busuk. Siram sedikit tanaman sukulen di bagian bawah. Pastikan untuk menggunakan pot dengan drainase

2. Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari

Dilansir dari The Spruce, banyak penanam sukulen pemula berasumsi bahwa lokasi tercerah di taman adalah tempat terbaik untuk tanaman. Namun nyatanya tidak semua sukulen suka ‘berjemur’ di bawah sinar matahari sepanjang hari.

Aapabila ingin menanam sukulen di dalam ruangan, letakkan di dekat jendela atau di ruangan yang terpapar sinar matahari setidaknya 2-3 jam sehari.

3. Perhatikan Suhunya

Apabila berencana menanam sukulen di luar ruangan, perhatikan suhunya dan jangan sampai terlalu ekstrem.

Pakar tanaman Tom Jesch menyebutkan bahwa meskipun sebagian besar sukulen menyukai sinar matahari dan panas, beberapa jenisnya justru tidak demikian.

Baca Juga :  10 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia? Ada Provinsimu?

Jesch menyebutkan jenis-jenis sukulen yang dapat mentoleransi kondisi luar ruangan misalnya Echeveria ‘Sahara’, Agave ‘Moonshine’, Crassula ‘Ripple jade’ dan Crassula ‘Hobbit jade’. Jenis lain seperti semak Gajah (Portulacaria afra) dan Aeonium ‘Plum petals’ juga dapat dipilih.

4. Pilih Pot yang Berlubang

Pot yang bawahnya berlubang akan membuat air siraman cepat merembes keluar dan tidak menggenang di dalam pot. Media tanaman yang basah atau lembap adalah penyebab utama akar sukulen membusuk.

Pot yang paling baik untuk menanam sukulen adalah yang berbahan tembikar dan terakota karena bahannya yang bisa menyerap air dan mengeluarkannya dari pori-pori.

5. Gunakan Moisture Meter

Salah satu alat yang wajib kamu miliki untuk mengetahui kelembapan dengan akurat adalah moisture meter.

Alat yang satu ini akan memberikan informasi mengenai tingkat kelembapan tanah, intensitas cahaya, dan pH tanah. (Adinda)

Kanal Terkait