Mudah Digunakan! 5 Platform Ini Bisa Menunjang Work From Home - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mudah Digunakan! 5 Platform Ini Bisa Menunjang Work From Home
ilustrasi work from home (Foto: pixabay.com/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel

Mudah Digunakan! 5 Platform Ini Bisa Menunjang Work From Home

Satukanal.com, Nasional – Melonjaknya kasus Covid-19  akhir-akhir ini membuat pemerintah daerah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk work from home (WFH) guna mengendalikan peningkatan kasus positif Covid-19 yang kian bertambah.

Kebiasaan bekerja dari rumah seakan memang telah menjadi kebiasaan sebagian pekerja. Namun masih banyak pula pekerja yang belum benar-benar siap untuk beralih dari tatap muka menjadi komunikasi jarak jauh yang menggunakan teknologi digital.

Nah, untuk membantu mereka yang menjalankan pekerjaan kantor seperti biasanya. Adapun platform ataupun aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas WFH, agar kerja jarak jauh bisa berjalan lancar sehingga tidak menurunkan produktivitas selama bekerja. Berikut ulasannya:

1.  Zoom Cloud Meetings

Zoom Cloud Meetings menjadi satu dari skeian banyak platform WFH yang banyak digunakan selama pandemi Covid-19. Menurut id.softonic.com, lebih dari 170.000 orgaisasi atau perusahaan diklaim telah menggunakan Zoom Cloud Meetings karena sifatnya yang fleksibel.

Paltform ini mengandalkan teknologi video yang bisa digunakan secara gratis. Penggunaannya bisa dimanfaatkan untuk konferesi daring (dalam jaringan) atau online dengan jumlah maksimal partisipan 100 orang dan durasi maksimal pertemuan selama 40 menit.

2. Trello

Platform lain yang bisa digunakan untuk menunjang WFH yakni Trello. Trello dapat digunakan untuk mengerjakan proyek kolaborasi bersama-sama yang membutuhkan banyak interaksi dan diskusi.

Baca Juga :  Waspada! Sehari 10 Orang Meninggal Akibat Covid di Jombang

Dilansir dari qwords.com, pada oktober 2019 saja trello telah memiliki lebih dari 50 juta pengguna aktif dan saat ini jumlah tersebut mungkin terus bertambah. Pengguna juga bisa mengakses Trello secara gratis dengan mudah melalui personal computer ataupun smartphone.

Dengan begitu, pekerjaan pun akan terasa lebih praktis untuk menyusun, melakukan hingga menyelesaikan berbagai pekerjaan. Adapun empat komponen utama Trello yakni board (papan), List (daftar), card (tugas) dan label yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguannya.

3. Slack

Platform untuk menunjang WFH berikutnya yakni Slack. Platform ini menyedikan fitur channel yang berguna untuk membuat ruang diskusi kerja tim lebih efektif karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pekerjaan. Fitur channel ini dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan proyek antar tim secara transparan.

Menariknya, jika pekerjaaan yang dikerjakan bersifat rahasia maka pengaturan channelnya dapat diatur menjadi privasi. Platform ini juga bisa untuk mendukung produktivtas, berbagi berkas dan komuniasi tim. Tak hanya itu, Slack juga mendukung komunikasi antar pengguna dengan fitur Direct messages.

4. Workplace by Facebook

Meski platform ini terbilang tak sefamiliar rekomendasi platform sebelumnya, namun workplace by Facebook punya fitur-fitur yang cukup menarik. Aplikasi ini memang mengambil foks pasar untuk kalangan korporasi dan profesional di berbagai bidang.

Baca Juga :  Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19, Polres Jombang Salurkan 5,25 Ton Sembako

Workplace by Facebook dapat dijadikan pilihan platform media sosial pengirim pesan dan file untuk digunakan oleh seluruh karyawan dalam menyelesaikan semua pekerjaan di perusahaan. Maka dari itu, aplikasi ini patur untuk dicoba.

5. Google Drive

Aplikasi selanjutnya sebagai penunjang WFH adalah Google Drive. Google Drive merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud milik Google yang bisa menjadi tools penting untuk berbagi data antar sesama karyawan dengan berbekal smartphone, laptop dan paket data.

Untuk paa pekerja, aplikasi ini sangat berguna karena bisa membantu proses pendistribusian pekerjaan atau laporan antar karyawan. Google drive ini juga penting keberadaannya bagi para pekerja di bidang desain grafis, manajemen olah data hingga bagian administrasi penjualan dalam pengaturan laporan harian secera online dari rumah.

Itulah platform penunjang WFH yang bisa dimanfaatkan. Mengingat, pekerjaan online biasanya terkendala masalah komunikasi karena tidak bisa bertemu secara langsung dengan pihak yang berkepentigan. Jadi, platformplatform di atas sangat penting keberadaannya.

 

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait