Mudah Digunakan, 3 Cara Ini Berguna Saat Mencari Rumah Subsidi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ingin Punya Rumah Terjangkau? Ini Cara Mencari Rumah Subsidi Secara Online
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Mudah Digunakan, 3 Cara Ini Berguna Saat Mencari Rumah Subsidi

SATUKANAL.com, NASIONAL – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari rumah subsidi dengan harga terjangkau dan tidak berat di kantong. Salah satunya yakni dengan melihat informasi melalui layanan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka merespon tingginya minat masyarakat untuk dapat memiliki rumah dengan harga terjangkau. Maka, pemerintah kemudian memberikan pembiayaan rumah bersubsidi dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Untuk itu, informasi terkaitrumah bersubsi dapat diakses melalui tiga layanan dari Kemen PUPR. Berikut ulasan lengkapnya terkait tiga layanan tersebut:

1. Situs Web Resmi Kementeria PUPR

Situs web ini menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah subsidi di semua provinsi Idonesia. Dilansir dari idonesia.go.id, informasi seputar rumah bersudsidi dapat diakses melalui laman resmi milik Kemen PUPR yaitu http://rumahsubsidi.pu.go.id/.

Pada aman itu akan tersedia informasi terkait lokasi rumah subsidi, data luas bangunan, jumlah kamar, luas tanah, tipe rumah hingga nama pengembangnya. Selain itu, para pengembang juga bisa mengakses laman ini untuk memasukkan data perumahan bersubsidi.

Untuk mendapatkan informasi dari laman ini, para pengunjung hanya perlu emmasukkan kategori data perumahan subsidi yang hendak dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten atau kota pada kolom yang telah disediakan

2. Situs Web SiKumbang

Akses informasi juga dapat dilakukan melalui situs web Sistem Informasi Kumpulan pengembang (SiKumbang) yaitu https://sikumbang.ppdpp.id. Laman ini dikelola terpusat oleh Pusat Pengelolaan Dana pembiayaan Perumahan (PPDPP) kementerian PUPR dan dikembangkan untuk pedataan perumahan bersubsidi maupun tidak. Informasi lokasi hingga identitasnya pengembang juga dapat diakses melalui situs ini.

Baca Juga :  Terhitung Mulai Hari, Berikut Deretan Mobil Bebas PPnBM !

Situs web ini juga menyediakan informasi detail rumah seperti foto hingga spesifikasinya dengan melakukan klik “lihat detail lokasi”. Apabila ingin mencari, bisa dengan kliik “cari”. Kemudian, hasl pencarian akan terlihat dan nampak menyajikan lokasi perumahan, unit subsidi yang tersedia, unit komersial yang tersedia, kebutuhan unit rumah serta jumlah unitrumah yang diinginkan.

Selain itu semua, alamat serta kontak kantor pemasaran pengembang juga akan diberikan pada pencari informasi rumah bersubsidi. Sehingga, mereka bisa langsung menghubungi contact person dan menanyakan hal-hal yang dibutuhkan.

3. Aplikasi Sikasep

Selai kedua cara di atas, masyarakat juga mendapat iformasi terkait rumah subsidi melalui aplkasi Sikasep yang bisa diunduh di playstore. Selain akses informasi mengenai kelengkapan rumah subsidi yang masih tersedia, terdapat pula fasilitas lain terkait pengajuan pinjaman KPR bersubsidi. Jangan lupa untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini. Adapun cara penggunaannya adalah:

  • Daftar sebagai pengguna

Caranya yakni dengan klik menu daftar pada halaman awal. Kemudian masukkan nama lengkap sesuai KTP. Buat kata sandi dan masukkan nomr KTP. Lalu, masukkan nomor NPWP. Jangan lupa juga, cantumkan penghasilan per bulan berupa angka, tanpamenambahkan tanda titik atau koma. Selanjutnya masukkan nomor telepon dan centang kotak syarat dan ketentuan. Lalu, klik lanjut.

  • Unggah swafoto pengguna bersama KTP
Baca Juga :  Tak Perlu Khawatir, Daya Tampung ITS Sebanyak 1324 tersedia di SNMPTN 2021

Lakukan swafoto atau selfie dengan memegang KTP. Kemudian unggah hasilnya. Setelah berhhasil, notifikasi yang bertuiskan “Selamat Anda Sudah Berhasil Registrasi. Silahkan melakukan Login” akan muncul pada layar.

  • Login sebagai pengguna

Setelah selesai melakukan proses pendaftaran sebagai pengguna Sikasep, lakukan login untuk mengakses fasilitas di aplikasi ini, dengan memasukkan nomor KTP dan kata sandi yang telah didaftarkan, lalu klik pada tombol masuk.

  • Fitur di tampilan sikasep

Setelah login, aplikasi akan menampilkan menu tampilan awal berupa menu utama, meliputi  Lokasi rumah idaman Perumahan sekitar rumah idaman Pilih Bank KPR FLPPC Cek Status Pengajuan KPR Lain-lain Galeri Rumah Sejahtera FLPP Kalkulator KPR Sejahtera FLPP Syarat dan Ketentuan Tata Cara Penggunaan Aplikasi Kontak Keluar.

  • Cari Lokasi Rumah

Setelah proses di atas dilakukan semua,penguna dapat mencaari lokasi rumah subsidi dengan memilih rumah yang diinginkan

    • Melihat Bank KPR

Masyarakat juga bisa melihat da memilih bank KPR FLPP serta melakukan pengecekan status pengajuan KPR melalui aplikasi ini.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait