Mudah dan Indah Perawatan Anggrek - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mudah dan Indah Perawatan Anggrek
ilustrasi perawatan aggrek (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Mudah dan Indah Perawatan Anggrek

Satukanal.com, Batu Anggrek merupakan tanaman hias yang tak pernah surut dimakan zaman. Harganya selalu stabil dipasaran walau tanaman lain pasang surut. Hal itu membuat banyak orang ingin membudidayakannya.

Salah seorang pembudidaya anggrek Dedek setia santoso, mengungkapkan cara perawatan tumbuhan dengan bunga cantik ini tidak susah. Menurutnya, faktor suhu menjadi yang paling penting.

“Perawatan anggrek mudah dan simple. Pembudidayaannya saja yang lama,” ucapnya sambil tertawa saat ditemui di rumanya yang berada di Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Dari segi penyiraman tanaman ini sangat sederhana.

Baca Juga :  Dari Tidak Sengaja, Temukan Alternatif Langkanya Oksigen

Ia hanya membutuhkan tiga hari sekali untuk penyiraman. Jika terlalu berlebihan akan membuatnya menjadi busuk. Namun jika kurang, ia juga akan mengering dan mati.

Media penanaman juga sangat sederhana. Dedek biasa menggunakan serabut kelapa ataupun arang. Media tersebut digunakan lantaran kelebihannya dalam menyerap air.

Kemudian, hal yang perlu diperhatikan ialah sirkulasi udara. “Biarpun di indoor tidak masalah, asal sirkulasi udaranya bagus,” tambahnya. Dengan sirkulasi udara yang baik, anggrek juga akan tumbuh dengan baik. Karena kesehatan yang terjaga.

Kesehatan anggrek pun dipengaruhi dengan asupan nutrisi yang terjaga. Pria berambut gondrong itu menyebutkan itulah perbedaan anggrek budidaya dengan hasil hunting alam.

Baca Juga :  Desa Junrejo Gunakan Sekolah Sebagai Shelter Pasien Covid-19

“Kalau di alam mereka rawan untuk mati, kebutuhan makanan dan nutrisi sangat tergantung dengan lingkungan. Kalau disini kan semua sudah dikondisikan jadi lebih sehat,” paparnya. Selain itu, efek kepunahan akan dirasakan jika pemburuan anggrek alam terus dilakukan.

Belum lagi ditambah berkurangnya kualitas alam Nusantara imbas perkembangan zaman. “Bagi pemula, jangan takut untuk mencoba dan kalau bisa jangan mengambil dari alam,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait