Mitigasi Mandiri Digiatkan, Imbas Tingginya Potensi Bencana - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mitigasi Mandiri Digiatkan, Imbas Tingginya Potensi Bencana
BERITA Kanal Highlight

Mitigasi Mandiri Digiatkan, Imbas Tingginya Potensi Bencana

SATUKANAL.com, MALANG – Beberapa waktu lalu warga Jawa Timur, khususnya Malang Raya digemparkan oleh gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR). Segala bentuk upaya penanggulangan pun dilakukan lantaran kerugian yang juga besar.

Faktanya Kabupaten Malang menjadi salah satu wilayah dengan potensi bencana gempa dan tsunami cukup tinggi. Sebagai bentuk pencegahan dini, pihak Pemkab menilai perlu adanya mitigasi yang tepat dari masyarakat untuk mengurangi resiko kerugian akibat bencana.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates, Ma’muri menyebutkan topografi Kabupaten Malang punya resiko yang cukup tinggi pada bencana gempa dan tsunami. Untuk itu, mereka telah memiliki program edukasi mitigasi bencana yang diberikan kepada siswa di sekolah.

Baca Juga :  Sanusi Ingatkan Seluruh Camat Serius Dalam PPKM Darurat

“Sebenarnya masyarakat sudah tahu soal bencana, tapi pemahamannya saja yang kurang. Maka di sinilah butuh edukasi sebagai pencegahan dini apa yang harus dilakukan ketika bencana tersebut terjadi,” ujarnya hari ini (14/4).

Disisi lain Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono menjelaskan sebenarnya di Kabupaten Malang sudah ada beberapa alat pendeteksi dini gempa dan tsunami yang telah dipasang di bibir pantai. Sayangnya kini alat tersebut sudah tidak dapat berfungsi lagi.

“Kami sudah 2 kali dapat hibah dari Pemprov Jatim. Satu di Pantai Pasir Panjang Sumbermanjing Wetan (Sumawe) dan satunya di pantai Balekambang. Namun, umurnya hanya 1 tahun saja dan sekarang sudah rusak,” imbuh Sadono

Baca Juga :  Minimal Satu Safe House Tiap Kecamatan, Kurangi Okupansi RS

Berkaca dari hal tersebut , BPBD Kabupaten Malang terus mengupayakan untuk peningkatan pemahaman mitigasi bencana di masyarakat. Baik secara mandiri maupun bentuk pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah.

Sebagai informasi, beberapa kecamatan di Kabupaten Malang memang cukup rawan untuk terkena bencana. Seperti Kecamatan Gedangan, Tirtoyudo, Bantur, Sumawe serta Ampelgading.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait