Misteri Hilang nya Jack Ma, Hingga Diisukan Dipenjara Bahkan Tewas | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Misteri Hilang nya Jack Ma, Hingga Diisukan Dipenjara Bahkan Tewas
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Misteri Hilang nya Jack Ma, Hingga Diisukan Dipenjara Bahkan Tewas

SATUKANAL.com, NASIONAL– Pendiri platform e-commerce Alibaba, Jack Ma dikabarkan hilang karena tidak tampil di hadapan publik selama beberapa pekan terakhir. Ia juga tidak men-tweet apa pun di akun Twitter pribadinya selama hampir tiga bulan. Postingan terakhirnya terjadi pada 10 oktober 2020.

Jack Ma yang masuk dalam jajaran orang terkaya di China juga tidak muncul pada episode terakhir Africa’s Business Heroes yaitu sebuah pertunjukan bakat Jack Ma Foundation. Dimana 10 pengusaha Afrika diberikan hibab bersama US$ 1,5 jta atau sekitar Rp 20,8 miliar untuk mewujudkan ide-ide mereka.

Jack Ma sendiri posisinya sebagai juri ‘Africa’s Business Heroes’ digantikan oleh salah satu pendiri Alibaba Lucy Peng. Fotonya Jack Ma juga dihapus dari halaman web penjurian. Pihak Penyelanggara acara mengaku Jack Ma memiliki kegiatan lain sehingga tidak menjadi juri.

Baca Juga :  Batas Akhir Cek Data Sekolah Untuk SNMPTN 2021 Berakhir Besok

Pada Senin (04/02/2021) yang dilansir dari Independent Jack Ma dikabarkan hilang usai mengkritik sistem regulasi keuangan China China dalam sebuah acara fintech di Shanghai, China, pada 24 Oktober 2020. Pria berusia 56 tahun mengkritik sistem perbankan negara China dan menyerukan reformasi.

Ia bahkan mengatakan bahwa bank-bank China beroperasi dengan mentalitas ‘pegadaian’. Pidato itu terjadi hanya beberapa minggu sebelum jadwal penawaran umum perdana (IPO) Ant Group, sebuah perusahaan fintech milik Jack Ma. IPO Ant diprediksi akan menjadi IPO terbesar sepanjang sejarah, yakni mencapai US$35 miliar atau sekitar Rp485,9 triliun.

Melansir dari Business Insider, pemerintah China juga meluncurkan penyelidikan antitrust ke alibaba perusahaan e-commerce terbesar di China yang disebut sebagai Amazon dari China.

Baca Juga :  Serangkaian Bencana dan Duka Yang Menyelimuti Awal Tahun 2021

Dugaan hilangnya Jack Ma dengan keterkaitan China semakin diperkuat dengan beredarnya sebuah video berisi wawancara pengusaha bernama Guo Wengui pada bulan Agustus 2019. Dalam video tersebut, Wengui mengatakan bahwa Jack Ma kemungkinan akan berakhir di penjara atau mati pada 2020. Sebab, ia menyebut China mengambil kesuksesan Jack Ma yang melimpah.

Diketahui, Wengui menjadi buronan pemerintah China dan telah melarikan diri ke luar negeri. Wengui mengklaim sebagai pelopor yan mengungkap korupsi di negara China.

Menurut CNN media, hingga kini tidak ada pihak atau informasi yang mampu mengungkap keberadaan Jack Ma. Banyak pihak yang berspekulasi Jack Ma akan bernasib sama seperti orang-orang yang berani mengkritik China yang dipimpin oleh Presiden XiJinping.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait