Miris! Sudah 537 Warga Kabupaten Kediri yang Nyawanya Direnggut Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Miris! Sudah 537 Warga Kabupaten Kediri yang Nyawanya Direnggut Covid-19
Kasus Covid-19 di Jawa timur (Foto : Dinas Kominfo Provinsi Jatim)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Miris! Sudah 537 Warga Kabupaten Kediri yang Nyawanya Direnggut Covid-19

Satukanal.com, KediriWarga Kabupaten Kediri harus meningkatkan kewaspadaannya pada level tertinggi; ketat dalam menerapkan protokol kesehatan dan disiplin mengikuti aturan pembatasan yang diterapkan pemerintah. Pasalnya, angka kematian akibat Covid-19 sangat tinggi. Hingga Senin (5/7/2021), sebanyak 537 warga Kabupaten Kediri meninggal dunia akibat Covid-19.

Lonjakan kasus kematian Covid-19 ini menempatkan Kabupaten Kediri dalam 10 besar kasus kematian Covid-19 tertinggi di wilayah Jawa Timur.

Dari laman resmi http://infocovid19.jatimprov.go.id tertanggal 5 Juli 2021, kasus kematian tertinggi terdapat di Surabaya mencapai 1415 kasus, disusul Banyuwangi sejumlah 755 kasus. Lebih lanjut, Kabupaten Blitar 778 kasus, Kota Malang 672 kasus, Kabupaten Sidoarjo 646 kasus dan Kabupaten Jombang 604 kasus.

Baca Juga :  PPKM Darurat, Santri Jombang Batal ke Ponpes

Sementara, Kabupaten Kediri, dengan 539 kasus menempatkannya di peringkat tujuh kematian tertinggi di Jatim. Disusul berturut-turut: Kabupaten Ponorogo 534 kasus, kabupaten Trenggalek 457 kasus dan kabupaten Tuban 452 kasus.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Slamet Turmudi mengatakan, kasus kematian Covid-19 karena lonjakan kasus pada tiga minggu terakhir.  “Kasus kematian menjadi tinggi, karena orang datang ke lokasi Rumah Sakit (RS) sudah ditemukan dalam keadaan sakit berat,” kata Slamet Turmudi kepada satukanal.com, Senin (5/7/2021).

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan terkait langkah pencegahan dilakukan kepada para pasien yang hendak datang ke rumah sakit. Salah satunya tracing pasien terkonfirmasi positif Covid-19 secara ketat.

Baca Juga :  Vaksinasi di Jombang Berhenti, Satgas Klaim Target Sudah 100 Persen

Disebutkan saat ini sedang digiatkan sejumlah tracing sejumlah 15 orang, untuk setiap satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, Satgas juga melakukan tracing kepada sesuatu wilayah, meskipun belum melakukan kontak erat.

Dengan memperbanyak tracing yang bersumber dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebutOrang Tanpa Gejala (OTG) dapat dideteksi. Sehingga, kasus kematian di kabupaten Kediri bisa dicegah.

“Walaupun positif tapi OTG, barangkali ada langkah-langkah kita tersebut agar tingkat kasus kematian menurun,” terang Slamet. (*)

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Danu Sukendro

Kanal Terkait