Miris, Sawi Sehat Harganya Melarat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Miris, Sawi Sehat Harganya Melarat
Petani sawi sedang merawat tanamannya/Foto: Wildan Agta, Satukanal.com
BERITA Kanal Straight

Miris, Sawi Sehat Harganya Melarat

Satukanal.com, Malang– Usai Hari Raya Idul Fitri, harga beberapa komoditas tetap tinggi. Namun, hal tersebut berbeda dengan sawi. Sayur yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai olahan ini harganya malah terbanting.

Jika beberapa minggu lalu ia bisa dihargai Rp 7 ribu, kini hanya dibanderol Rp 3 ribu saja. Penurunan ini lantas membuat petani kecewa. Pengadaan barang yang lebih besar dibandingkan permintaan ditengarai jadi alasannya.

“Ya bagaimana lagi kalau sudah turun. Yang penting masih bisa jual saja,” ungkap Muhammad Iwan, salah satu petani di Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang Jumat (21/5).

Baca Juga :  Peralihan Musim, Cabai Rawit Kebanyakan Layu

Padahal, ia menilai hasil panen yang didapatkannya sedang bagus-bagusnya. Hal itu imbas dari tak banyaknya lahan lain yang juga menanam sawi di daerahnya. Usai disemprot, hama tidak akan pindah ke tempat lain. Dia akan langsung pergi dan tidak akan kembali.

“Kalau ada yang sebelahan biasanya seperti saling umpan. Setelah disemprot disini, akan pergi ke lahan lain dan sebaliknya,” jelasnya.

Iwan sapaan akrabnya juga menggunakan cara lain agar tanamannya bisa sehat. Salah satunya adalah dengan pemasangan plastik di atas lahan yang ada. Tujuannya, untuk mencegah air masuk terlalu banyak dan mengurangi tumbuhnya rumput liar.

Baca Juga :  Sesali Tanam Kelapa Sawit, Kini Kelapa Hibrida Jadi Pilihan Petani Kabupaten Malang

Lebih lanjut, Iwan berharap agar harga sawi bisa lebih stabil lagi. Keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan menjadi titiknya. Ia ingin kesejahtraan petani juga lebih terperhatikan lagi.

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait