Minus Gelar 2 Tahun, Calvina Kembali Kukuhkan Prestasi Kabupaten Malang di Ajang Pemilihan Raka Raki Jatim - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Minus Gelar 2 Tahun, Calvina Kembali Kukuhkan Prestasi Kabupaten Malang di Ajang Pemilihan Raka Raki Jatim

Kembali, Kabupaten Malang mengukuhkan diri sebagai wilayah juara dalam ajang Raka Raki Jawa Timur (Jatim) tahun 2019. Setelah selama dua tahun vakum gelar, yaitu di tahun 2017 dan 2018 lalu.

Kembalinya prestasi di ajang tersebut, disabet oleh Roro Kabupaten Malang 2018 bernama Ega Calvina (19). Dimana, Calvina bisa meraih juara Wakil II Raki Jatim 2019. Sedangkan duta Kabupaten Malang lainnya yaitu Bintang Halilintar Kurnia masih belum mendapat kesempatan untuk lebih mengharumkan nama Kabupaten Malang.

Tapi, keberhasilan Calvina sedikit banyak mengobati masa tunggu selama 2 tahun terakhir. Serta membuat bangga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang yang selama ini menjadi leading sektor terkait hal itu.

Made Arya Wedanthara Kepala Disparbud Kabupaten Malang secara langsung menyatakan kebanggannya atas kembalinya era prestasi tersebut.

“Kita tentu patut berbangga dengan raihan tersebut. Kabupaten Malang sejak tahun 2005 sampai 2016 selalu menjadi barometer prestasi dalam ajang Raka Raki Jatim. Kini era itu telah kembali melalui Calvina, setelah 2 tahun vakum,” kata Made Arya yang juga ikut dalam perhelatan pemilihan tersebut.

Baca Juga :  Bioskop di Malang Sudah Boleh Buka

Harapan besar kepada Calvina pun terkait sektor pariwisata di Kabupaten Malang disandangkan oleh Disparbud. Dimana, dengan geliat pariwisata yang semakin membaik dan bahkan telah menjadi rujukan nasional, seperti destinasi wisata cafe sawah Pujon. Akan semakin terdongkrak dengan masifnya promosi pariwisata yang nanti menjadi bagian tugas Calvina yang akan menjadi duta wisata Pemerintah Provinsi Jatim.

“Harapan kita kepada Calvina tentunya nanti bisa dapat mengeksplor maksimal destinasi wisata di Kabupaten Malang. Sehingga jumlah kunjungan wisata terus meningkat. Kita tahu destinasi wisata di Kabupaten Malang terus tumbuh setiap tahunnya,” ujar Made Arya.

Potensi besar pariwisata berbasis desa ditopang dengan berbagai destinasi wisata yang telah duluan dikenal di tingkat nasional dan mancanegara, inilah yang diharapkan bisa didorong melalui Calvina.

Karena, tanpa adanya promosi terus menerus, maka sebanyak dan sebagus apapun potensi pariwisata yang ada di daerah tidak akan menjadi jujugan wisatawan. Promosi menjadi bagian tak terpisahkan dalam mewujudkan wilayah pariwisata yang akan dikenal oleh banyak kalangan, dalam maupun luar negeri.

Baca Juga :  PHRI Kota Malang Usulkan Pengunjung Hotel dan Restoran Sudah Tervaksin

Disinggung mengenai duta Kabupaten Malang di posisi Raka, yaitu Bintang, Made Arya tetap memberikan apresiasi tinggi. Menurut pria kelahiran Bali ini, tidak terpilihnya Bintang sebagai Raka Jatim 2019, bukan karena dia tidak baik. Tapi lebih pada kompetisi yang memang sangat ketat dalam ajang tersebut.

“Bintang telah berusaha maksimal. Walau tidak masuk bukan berarti dia tidak baik,” ucap Made Arya.
Di kesempatan berbeda, Calvina yang menyabet juara wakil II Raki Jatim 2019, menyampaikan rasa syukurnya. “Tentunya saya gembira dan bersyukur bisa di posisi ini. Usaha keras dalam mempersiapkan hal ini bersama bantuan dari Disparbud Kabupaten Malang, telah memberikan hasil,” ujarnya.

Dirinya juga berharap banyak bisa mengemban tugasnya sebagai duta wisata Jatim, khususnya terkait harapan besar dari Disparbud Kabupaten Malang. “Saya berharap bisa mengemban tugas tersebut lebih baik nantinya,” pungkas Calvina.

Kanal Terkait