Minimalisir Konflik Agraria, Jokowi : Sertifikat Hak Atas Tanah Itu Penting | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Presiden Joko Widodo (Istimewa for satuchannel)
BERITA

Minimalisir Konflik Agraria, Jokowi : Sertifikat Hak Atas Tanah Itu Penting

Satuchannel.com, Kota Malang – Sebanyak 10.038 Sertifikat Hak Atas Tanah Secara resmi telah diserahkan Presiden RI, Joko Widodo kepada warga Jawa Timur (Jatim), di Jln. Panglima Sudirman, Lapangan Rampal, Kota Malang, rabu (24/5). Dengan simbolik, Jokowi menyerahkan sertifikat tersebut kepada 12 warga Jatim yang dipanggil olehnya.

Sehabis penyerahan simbolik, Jokowi kemudian memberikan sambutan sekaligus pemberian hadiah sepeda bagi siapa saja warga yang bisa menjawab pertanyaannya.

Pada sambutannya, Mantan Walikota Solo ini menekankan pentingnya warga untuk segera memiliki sertifikat hak atas tanah. Dia menjelaskan, sertifikat tanah ini memiliki legalitas yang kuat, sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Baca Juga :  Kondisi Inklusi Keuangan Rendah, Jokowi Minta Pengembangan Dari Segi Teknologi Finansial.
Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah (Aris)

“Sejauh ini masyarakat hanya punya surat hak milik tanah dari keterangan desa. Hal tersebut belum cukup jika dipertanggungjawabkan secara hukum”, tuturnya.

Diterangkan Jokowi, sertifikat hak atas tanah untuk warga ini merupakan program nasional dari pemerintah khusus bidang agraria. Menurutnya, banyak sekali permasalahan yang timbul akibat konflik agraria. Misalnya, penggusuran lahan tani, pemukiman dan semacamnya.

“Lewat program seperti ini, harapannya tidak ada lagi kasus penggusuran dan perdebatan soal status kepemilikan tanah yang rentan terjadi. Jadi, sertifikat yang dipegang sekarang harus dijaga baik-baik”, himbau Jokowi kepada warga Jatim.

Baca Juga :  Jokowi Meminta Libur Akhir Tahun Diperpendek

Dia menambahkan, sertifikat yang sekarang sudah dipegang agar segera difotocopy. Hal ini untuk mengantisipasi kehilangan sertifikat, karena bisa kembali diurus melalui Badan Pertahanan Nasional daerah dengan format fotocopy tersebut. (GUM)

Kanal Terkait