Minimalisir Kasus Kematian, Dinkes Kota Malang Imbau Pasien Isoman Aktif Lapor Puskesmas - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Minimalisir Kasus Kematian, Dinkes Kota Malang Imbau Pasien Isoman Aktif Lapor Puskesmas
Ilustrasi Virus Covid-19 (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Straight

Minimalisir Kasus Kematian, Dinkes Kota Malang Imbau Pasien Isoman Aktif Lapor Puskesmas

Satukanal.com, Malang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengimbau kepada seluruh warga Kota Malang yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) untuk aktif melaporkan kondisi kesehatan selama isolasi kepada Puskesmas setempat. Ini dilakukan untuk meminimalisir kasus meninggal dunia selama Isoman.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mencatat, lebih dari 200 pasien Covid-19 sedang menjalani isoman di rumah masing-masing, dari jumlah tersebut 15 diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengungkapkan, laporan kondisi kesehatan warga yang menjalani Isoman menjadi sangat penting untuk mempermudah Puskesmas melakukan tracing. Ditambah lagi, dengan laporan berkala akan mempermudah untuk mengambil tindakan cepat saat pasien dalam kondisi darurat.

Baca Juga :  Ratusan Juta Rupiah Digelontorkan Pemkab Jombang Guna Pelestarian Situs Sumberbeji

“Jumlah pasien yang Isoman di atas 200 saat ini, yang meninggal itu ada sekitar 15 orang. Salah satu faktor yang memengaruhi banyaknya kasus meninggal yakni tidak melapor ke Puskesmas terdekat,” jelas Husnul kepada satukanal.com, Selasa, (13/7/2021).

Selain melapor ke Puskesmas, Husnul juga mengimbau agar para pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah mau berpindah tempat ke Rumah Sakit Lapangan Darurat RST Soepraoen. Disana sudah tersedia 100 tempat tidur dan 108 tenaga kesehatan yang sudah siap merawat.

Baca Juga :  Bupati Kediri Tegaskan Integritas Saat Pelantikan Kepala Diskominfo

“Itu untuk gejala ringan saja. Awalnya nanti ke UGD RST Soepraoen apakah nanti dirawat di RST atau rumah sakit lapangan ya ke UGD dulu,” terangnya

Sebagai informasi, Data Satgas Covid-19 Kota Malang mencatat, per hari Senin (12/7/2021) terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 91 orang. Jadi total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yakni 7.518 orang, meninggal 687 orang dan dinyatakan sembuh sebanyak 6.337 orang.

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait