Milenial di Indonesia Makin Hobi Nonton Video Daring | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
w644
BERITA HIGHLIGHT RISET

Milenial di Indonesia Makin Hobi Nonton Video Daring

SATUKANAL, MALANG – Kebiasaan menonton secara online atau daring makin meningkat di Indonesia, terutama di kalangan milenial. Peningkatan itu seiring dengan berbagai platform video daring yang tersedia, misalnya YouTube.

Budaya berselancar secara daring di Indonesia memang mengalami peningkatan, bahkan tertinggi di Asia Tenggara. Dari hasil rekapan Google yang dilakukan pada akhir tahun ini menunjukkan di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 95 persen masyarakat menonton secara online.

Sejak tahun 2016, jumlah pengguna internet yang menonton video daring mencapai sekitar 63 persen. Dalam tiga tahun, angka itu meningkat mencapai 95 persen dengan menggunakan platform YouTube.

Fiky Ramadhan salah satu mahasiswa Malang ketika ditanyai soal kebiasaan ini memang mengatakan menonton secara daring menjadi kebiasaan yang dia lakukan di sela-sela berbagai aktivitas.

Baca Juga :  Rangkum Segala Trending di 2020, YouTube Rewind Indonesia Tuai Pujian Warganet

Menurutnya, masyarakat sudah tidak lagi takut kehilangan kuota internetnya untuk menonton secara daring.

“Memang sangat membantu untuk hiburan-hiburan singkat, dengan menonton YouTube, seolah bisa dibuat ketagihan. Dengan apa yang ditayangkan lewat aplikasi online tersebut kan bermacam-macam, tinggal pilih sesuai selera,” tutur pemuda 23 tahun asli Pasuruan ini.

Berdasarkan data Google 2019 Year in Search Report, ada beberapa kata kunci yang digunakan warganet. Misalnya, terjadi 1,5 kali pertumbuhan dalam pencarian dengan kata kunci “sinetron” di YouTube. Padahal, selama ini masyarakat lebih banyak mengenal sinetron melalui tayangan-tayangan televisi.

Selain kata kunci “sinetron”, pencarian “Selebriti TV” juga mengalami 2 kali pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya. Kata kunci ini, merujuk hasil pada kanal-kanal pribadi artis atau pesohor.

Baca Juga :  Rangkum Segala Trending di 2020, YouTube Rewind Indonesia Tuai Pujian Warganet

Selain itu, untuk acara televisi juga mengalami 2 kali pertumbuhan yang di tonton secara online di YouTube. Terutama yang terkait dengan topik mengenai berita terkini, tren, serta isu-isu yang tengah menjadi pembahasan publik.

Google juga melansir bahwa pertumbuhan internet Indonesia melaju cepat daripada negara-negara Asia Tenggara lainnya. Pada 2019 ini, Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi internet sekitar 40 dollar Amerika dan ini terus dipacu untuk tumbuh 3 kali lipat ke 130 dollar Amerika pada tahun 2025.

Pewarta: Ali Bisri
Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait