Meski Sudah Level 1, PTM di Jombang Masih Pakai Sistem Shifting - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Meski Sudah Level 1, PTM di Jombang Masih Pakai Sistem Shifting
Agus Purnomo, Kadisdikbud Jombang tengah pada foto (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Meski Sudah Level 1, PTM di Jombang Masih Pakai Sistem Shifting

Satukanal.com, Jombang – Status PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 1 yang dipegang Kabupaten Jombang saat ini, rupanya belum mempengaruhi sistem PTM (Pembelajaran Tatap Muka) di sekolah.

PTM masih akan digelar dengan sistem shifting dan baru akan dijalankan belajar tatap muka 100 persen mulai awal Januari tahun 2022 mendatang. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih akan terus melakukan evaluasi menyeluruh.

“Akan kita evaluasi sembari menunggu vaksin di Jombang mencapai 100 persen,” ucapnya pada Senin (22/11/2021).

Ia menegaskan, belajar tatap muka full baru akan digelar pada awal tahun depan. Untuk sementara sampai akhir tahun ini, sistem PTM masih akan menggunakan shifting dimana persentase kehadiran siswa di dalam kelas hanya 50 persen.

Baca Juga :  Soal Permendikbud PPKS, PC PMII Jombang: Tak Semua Kampus Punya Aturan Jelas

“Seluruh sekolah di bawah naungan Disdikbud Jombang memakai sistem shifting,” ujarnya.

Dalam sistem shifting ini, siswa akan masuk secara bergantian sesuai absensi dengan tanggal ganjil genap. Shifting ini sendiri sejatinya sudah digunakan sejak Kabupaten Jombang menyandang status level 2 PPKM darurat.

“Semoga target vaksinasi tercapai 100 persen. Karena saat ini vaksinasi sudah mencapai di angka 74 persen,” jelasnya.

Untuk diketahui, menurut data yang dilansir dari Merdeka.com, Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek, Sri Wahyuningsih mengatakan, sudah 72 persen satuan pendidikan yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas saat ini.

“Sudah 72% satuan pendidikan yang berada pada level 3, 2 dan 1 selama pemberlakukan PPKM ini sudah melaksanakan PTM terbatas,” ujarnya dalam siaran langsung lawan Covid-19, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga :  Lima Hari Tidak Pulang ke Rumah, Warga Blitar Ditemukan Tewas Mengapung di Sungai

Dia mengungkapkan, perkembangan pelaksanaan PTM terbatas khususnya di beberapa daerah sudah mengalami peningkatan yang cukup baik.

Meski demikian, masih ada beberapa sekolah yang belum melaksanakan pembelajaran tatap muka. Hal ini tentunya berangkat dari kebijakan pemerintah daerah setempat.

“Sekarang seluruh daerah sudah pada level 1, 2 dan 3 relatif sudah tidak ada lagi daerah yang 4. Namun demikian masih ada sekolah yang belum melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas,” pungkasnya.

Sri menerangkan, saat ini Kemendikbud Ristek mendorong agar semua daerah yang saat ini sudah ada di level 1, 2 dan 3 harus melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

 

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

    Kanal Terkait