Meski Mudik Dilarang, Penukaran Uang Baru Tetap Dibuka - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Meski Mudik Dilarang, Penukaran Uang Baru Tetap Dibuka
Kanal Straight

Meski Mudik Dilarang, Penukaran Uang Baru Tetap Dibuka

SATUKANAL.com, NASIONAL– Penukaran uang baru tetap dibuka meski pemerinta melarang mudik lebaran di tahun ini. Bank Indonesia memastikan layanan penukaran uang baru tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah diitetapkan.

Pasalnya, lebaran menjadi saah satu moment membagi-bagikan uang dengan pecahan tertentu ke sanak saudara. Wajar, jika kerapkali muncul pertanyaan tukar kecil dimana? Jadwalnya penukarannya kapan?

Menjawab pertanyaan tersebut, BI menegaskan bahwa penukaran uang baru di Bank Indonesia sudah bisa dilakukan sejak awal Ramadan.

Marlison Hakim selaku Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI mengatakan, layanan itu telah dibuka seja 12 April kemarin dan akan terus dilakukan hingga 11  Mei 2021.

“Sudah kita buka penukaran uang termasuk di perbankan. Walaupun kalau dilihat secara historical H-2 minggu sebelum pelaksanaan lebaran penukaran banyak dilakukan masyarakat khususnya di perbankan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Marlison Hakim menjelaskan, layanan penukaran  uang di BI tidak bisa dilakukan secara individual atau ritel tetapi bisa dilakukan secara wholesale atau berkelompok seperti tahun lalu. Penukarannya selama Ramadan atau Idul Fitri melalui kantor bank yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Mendadak!, Jokowi Tetapkan PPKM Darurat Khusus Jawa-Bali

Marlison menyebut, BI telah bersinergi dengan bank dalam menambah outlet layanan penukaran menjadi 4.608 jaringan kkantor bank pada tahun 2021. Angka itu meningkat sekitar 23 persen dibanding tahun lalu yakni sebesar 3.742 kantor cabang atau outlet bank umum.

Terkait persyaratan untuk melakukan penukaran uang, Marlison memastikan tidak ada peraturan khusus yang perlu diikuti. “Enggak ada syarat. Yang penting bawa uang yang mau ditukar,” ucapnya.

BI menyiapkan uang tunai sebesar sebesar Rp 152,14 triliun untuk penuhi kebutuhan masyarakat seluruh Indonesia selama periode Ramadhan atau Idul Fitri 1442 H. Jumlah tersebut meningkat sebesar 39,33 persen (yoy) dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 109,20 triliun. Pecahannnya didominasi oleh Rp 100.000 dan Rp 50.000, yakni sebesar Rp 137 triliun atau setara 90,07 persen, sementara sisanya terdiri dari uang pecahan Rp 20.000 ke bawah.

Baca Juga :  Lonjakan Covid-19, Ini Cara Penggunaan Masker Ganda Untuk Proteksi Diri

Selain itu, BI juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 Tahun RI) atau uang edisi khusus Rp 75.000. Lokasi penukaran uang edisi khusus Rp 75.000 bisa dilakukan melalui penukaran di seluruh kantor BI dan jaringan kantor bank.

UPK 75 Tahun RI dapat digunakan untuk bertransaksi dan berbagi selama peride Ramadan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi penukaran PINTAR yakni https://pintar.bi.go.id.  Untuk menukarkannya, cukup dengan menggunakan 1 KTP maka akan mendapatkan maksima 100 lembar UPK 75 Tahun RI setiap hari dan dapat diulang pada hari berikutnya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait