Meski Banyak Kendala, Paralayang Jatim Optimis Pertahankan Gelar Juara Umum PON - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG_20200815_092942-69f0fcfa
Kanal Highlight Kanal Sport

Meski Banyak Kendala, Paralayang Jatim Optimis Pertahankan Gelar Juara Umum PON

Satukanal.com, Batu  – Menjelang PON (Pekan Olahraga Nasional) XX di Papua, atlet Puslatda (Pusat Latihan Daerah) cabang olahraga (cabor) paralayang Jawa Timur meningkatkan intensitas latihan dengan Training From Home (TFH). Meski persiapan tak maksimal, tim cabor paralayang Jawa Timur optimis bisa berbicara banyak dalam PON XX Papua.

“Sementara kita mengikuti protokol yang ada sesuai arahan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Jatim dengan training for home (TFH),” ucap Pelatih Puslatda Jatim Cabor Paralayang, Sugeng Santoso saat ditemui Selasa (3/8/2021) di Wisata Paralayang, Batu.

Latihan di rumah selama masa pandemi, menurut Sugeng, dilakukan dengan program yang ditentukan. Banyak kendala yang muncul.  Tak sedikit atlet yang mengeluh karena tidak dapat menggunakan fasilitas latihan yang seharusnya. “Ya, kita jadi belum bisa untuk latihan teknik dan kurang dari efisiensi latihan,” kata Jefro Megawanto, atlet andalan Kota Batu peraih emas Asian Games 2018 silam tersebut.

Baca Juga :  Sergio Silva, Pemain Asal Portugal Gabung Arema FC

Pada event olahraga terbesar di Indonesia itu, Jawa Timur diwakili oleh delapan atlet yang turun di seluruh nomor lomba. Enam atlet putra yaitu M. Rizky Dermawan, Joni Efendi, Jefro Megawanto, Permadi Chandra B, Roni Pratama dan Ardiansyah Mega Putra. Sedangkan untuk atlet putri, dua perwakilannya adalah Rika Wijayanti dan Ike Ayu Wulandari.

Mempertahankan juara umum di cabor paralayang merupakan target yang dicanangkan KONI Jatim. Benar, pada event PON sebelumnya mereka bisa menjadi juara umum dengan perolehan 4 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Masalah yang dialami tidak hanya terjadi di tim mereka saja. Namun juga terjadi di seluruh kontingen provinsi lain. Mempersiapkan pola–pola latihan yang luar biasa dianggap menjadi jalan keluar yang mesti dilakukan selain berharap kondisi segera membaik. “Selalu optimis dan harus bisa membawa Jawa Timur menjadi juara umum lagi,” ujar pria kelahiran Kota Batu itu.

Baca Juga :  Ini Skuad Pebulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021

Mengutip wikipedia.org, Pekan Olahraga Nasional XX  yang diselenggarakan di Papua akan berlangsung pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan edisi ini, baik upacara pembukaan maupun penutupan. Tagline yang diangkat pada edisi ini adalah “Torang Bisa” yang merupakan bentuk penyemangat khas Papua.

Ajang ini semula akan diadakan pada tahun 2020, tetapi ditunda ke tahun 2021 sehubungan dengan Pandemi COVID-19.

Pewarta: Wildan Agta

Editor : Danu Sukendro

    Kanal Terkait