Merubah satu huruf atau angka dalam STNK, Kasatlantas Polresta Banyuwangi : Itu jelas salah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG_20210508_201038-7bd922f5
BERITA Kanal Highlight

Merubah satu huruf atau angka dalam STNK, Kasatlantas Polresta Banyuwangi : Itu jelas salah

Satukanal.com, Banyuwangi – Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Akhmad Fani Rakhim, menyampaikan bahwa, tidak di perbolehkan masyarakat memiliki Surat tanda nomor Kendaraan (STNK) Ganda.

Pernyataan tersebut telah sesuai dengan peraturan Kapolri No 5 tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pasal 81 yaitu penggantian STNK rusak atau hilang.

Masyarakat di larang mempunyai STNK ganda dalam satu kendaraan dengan alasan apapun, hal tersebut di karenakan meminimalisir penyalah gunaan STNK ganda.

Jika di ketahui STNK hilang, atau rusak maka di wajibkan untuk mengurus kembali surat kendaraan untuk di perbarui dan yang lama akan di tarik oleh pihak Samsat, Dalam penggantian STNK itu pun harus memenuhi syarat.

Baca Juga :  Viral, Gegara Masalah Keluarga, Pria ini Tidur di Pohon Kelapa

Syarat tersebut antara lain, “mengisi formulir pendaftaran, melampirkan tanda bukti identitas yang sesuai, malampirkan bpkb asli atau fotocopy, Surat pernyataan pemilik kendaraan mengenai stnk yang hilang dengan bermatrai, Surat keterangan hilang, Dan hasil pemeriksaan cekfisik” imbuh mantan kapolsekta Klojen Malang tersebut.

Namun lanjut Fani, jika STNK ganda tersebut merubah satu huruf atau angka maka hal tersebut patut di duga ada tindak pidana seperti penggelapan mobil.

Baca Juga :  Dinilai Tak Efektif dalam Pelayanan, MPP Banyuwangi Dikritik Ketua Srikandi Pemuda Pancasila

“Kalau hanya merubah plat nomor saja jika ada razia maka akan di kenakan sanksi tilang, karena plat nomor tidak sesuai STNK, akan tetapi jika STNK itu di rubah sehingga mempunyai dua Surat dan tidak sesuai BPKB maka patut di duga ada suatu tindak pidana seperti penggelapan mobil, perlu di laporkan ke Reskrim dulu untuk di tindak lanjuti” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Abdul Konik
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait