SATUKANAL.COM
Merasakan Sumber Air Umbulan Yang Sejuk, Terletak Di Dampit Kabupaten Malang
Sumber Air Umbulan yang terletak di Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang (Foto: Ali Bisri/Satukanal.com)
BERITA

Merasakan Sumber Air Umbulan Yang Sejuk, Terletak Di Dampit Kabupaten Malang

SATUKANAL, MALANG – Berbagai sumber daya alam (SDA) yang terdapat di Kabupaten Malang masih banyak menyimpan potensi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Tak hanya untuk sarana rekreasi, tetapi juga sisi ekonomi.

Seperti potensi Sumber Air Umbulan yang terletak di Desa Pamotan Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Sumber air yang terletak di tengah-tengah hamparan sawah warga, membuatnya mempunyai keunikan tersendiri.

Di Sumber Umbulan, sudah terdapat tempat bermain air untuk anak-anak dengan kedalaman air yang tidak mencapai satu meter. Sehingga, cocok untuk wisata keluarga.

Terdapat pula kolam besar dengan kedalaman air hampir mencapai lima meter dari permukaan air hingga dasar kolam. Pepohonan yang rindang mengelilingi Sumber Air Umbulan menambah suasana sejuk yang bikin betah.

Baca Juga :  Tiga Calon Kepala Daerah Usungan PKB Jawa Timur Dibaiat Kyai Sepuh Lirboyo

Tak hanya sebagai tempat rekreasi, hampir keseluruhan warga sekitar memanfaatkannya sebagai pengairan sawah. Juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari, baik dikonsumsi maupun yang lainnya.

Choirul Ulum (24), salah satu pengunjung Sumber Umbulan mengatakan tempat ini selain untuk keperluan mandi juga sering digunakan sebagai tempat refreshing saat hari-hari libur. Yang datang tak hanya warga Dampit, melainkan juga pengunjung dari luar daerah-daerah sekitar.

“Sering sekali datang ke sini, seusai datang dari tempat kerja biasanya masih mampir ke tempat ini. Hanya kadang untuk menikmati pemandangan dan beristirahat, juga tidak jarang mandi dan bermain air bersama teman-teman,” tutur pemuda yang juga berasal dari Desa Pamotan Kec. Dampit ini.

Baca Juga :  Tiga Calon Kepala Daerah Usungan PKB Jawa Timur Dibaiat Kyai Sepuh Lirboyo

Untuk pengembangan selanjutnya, masih belum ada pembahasan dari pihak desa. Warga juga masih jarang yang memanfaatkan lokasi sumber sebagai tempat berjualan. Hanya ada satu warga yang berjualan menetap di tepi sumber.

Masalah akses juga masih menjadi persoalan. Pengunjung berharap, perbaikan akses bisa dilakukan agar mempermudah saat datang ke Sumber Umbulan.

Pewarta: M Ali Bisri

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait