Menuju BLUD, Akses Internet di SMKN 11 Kini Super Cepat Berbasis Fiber Optik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Menuju BLUD, Akses Internet di SMKN 11 Kini Super Cepat Berbasis Fiber Optik

Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi begitu hebat. Hal ini membuat masyarakat mudah memperoleh informasi secara cepat. Di mana saja, setiap orang bisa memiliki akses terhadap sumber informasi. Kegiatan komunikasi kini menjadi begitu mudah.

Menghadapi keadaan seperti ini, setiap orang perlu diarahkan kepada sikap melek teknologi. Kalau tidak maka akan tertinggal dan merugi.

Untuk itu, teknologi informasi menjadi bagian utama yang harus ada atau tidak boleh kurang di dunia pendidikan. Dalam memasuki era tersebut, sekolah memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam lingkungan kehidupan mereka.

Di Kota Malang, ada satu sekolah yang difasilitasi dengan keunggulan di bidang IT. Sekolah tersebut ialah SMKN 11 Malang. Kini, SMKN 11 sedang dipersiapkan untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Sofyan Edi Jarwoko.

“Salah satu SMK Negeri di Malang yaitu SMK Negeri 11 sedang dipersiapkan untuk menjadi BLUD. Tempatnya di Bakalankrajan dan sudah ada kerja sama dengan salah satu perusahaan besar yang ada di Malaysia,” ujarnya saat ditemui di SMK Nasional Malang dalam rangka peresmian Ruang Praktik Siswa, Sabtu (20/4).

Pada tahun 2018, dikatakan Edi SMKN 11 telah mendapat bantuan dari Telkom. Kini, wilayah SMKN 11 serta Kelurahan Bakalankrajan telah memiliki jaringan telekomunikasi fiber optik.

“Jaringan telekomunikasinya diubah menjadi fiber optik. Jadi sekarang mempunyai kecepatan dan kekuatan yang tinggi untuk mendukung kerjasama daripada SMK Negeri 11 dengan luar negeri (perusahaan di Malaysia) itu,” jelas pria yang akrab disapa Bung Edi itu.

Dijelaskan Bung Edi, fiber optik adalah suatu sistem jaringan yang terkait dengan telekomunikasi, yang berpengaruh dengan kecepatan akses pada sistem jaringan internet maupun komputer. Kalau berbasis fiber, maka kecepatan internet akan semakin tinggi dan tidak lemot.

“Dan itu akan membantu proses bisnis, proses perencanaan, dan lain-lain,” tukasnya.

Sementara, masyarakat yang berada di lingkungan SMKN 11 juga bisa memanfaatkan jaringan fiber optik tersebut.

“Makanya nggak salah kalau di sana menjadi kampung IT,” imbuhnya.

Nah, fiber optik ini rencananya akan dikembangkan di seluruh Kota Malang. Tahun ini dikatakan Edi Pemerintah Kota Malang sudah bekerjasama dengan Telkom. Nantinya jaringan di 5 kecamatan akan berubah juga menjadi fiber optik.

“Jadi Malang ke depan teknologi di bidang IT dan komunikasi termasuk jaringan internetnya akan semakin cepat,” tandasnya.

Perlu diketahui, di Kota Malang sendiri ada 3 SMK yang diberi kewenangan untuk mengembangkan diri menjadi BLUD. 3 SMK tersebut antara lain SMKN 11, SMKN 4, dan SMKN 2.

“Semuanya diberikan kewenangan oleh Pak Gubernur untuk mengembangkan sebagai BLUD karena didukung sdm maupun sarana prasarana yang memadai,” imbuh Bung Edi.

Namun, 3 SMK tersebut memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. SMKN 11 di bidang IT, SMKN 4 di bidang percetakan, dan SMKN 2 di bidang perhotelan.

Kanal Terkait