Mentan Syahrul Yasin Limpo Gantikan Luhut Binsar Setelah Raih Penghargaan Gatra Award 2020 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Mentan Syahrul Yasin Limpo Gantikan Luhut Binsar Setelah Raih Penghargaan Gatra Award 2020
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Mentan Syahrul Yasin Limpo Gantikan Luhut Binsar Setelah Raih Penghargaan Gatra Award 2020

SATUKANAL.com, NASIONAL– Penunjukan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan tepat setelah ia dianugerahi  penghargaan dedikasi dan pengabdian tanpa batas dalam Gatra Awards 2020.

Sebelumnya (1/12/2020), Mentan Syahrul mendapat apresiasi besar sebagai Menteri yang mampu mendorong ketahanan serta ekapor pangan selama pandemi covid-19.  Sehigga ia diganjar penghargaan Gatra Award 2020.

Hal ini seakan menjadi sinyal hijau untuknya, sehingga Presiden Joko Widodo menunjuknya untuk menjabat sementara sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim menggantikan menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan.

Kabar itu terungkap dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-918/M.Sesneg/D-3/AN.00.03/12/2020 tertanggal 2 Desember 2020. Surat itu ditujukan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pertanian untuk menggantikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim,” tulis Mensesneg Pratikno dalam surat tersebut, Rabu, 2 Desember 2020.

Penunjukkan Mentan Syahrul sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim ini berkaitan dengan surat Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi bernomor B-3863/MARVES/MARITIM/RT.01.00/XI/2020 tertanggal 22 November 2020.

Surat tersebut pada intinya memohon izin kepada Presiden bahwa Menko Luhut Pandjaitan melakukan perjalanan dinas luar negeri selama 2-10 Desember 2020.

“Pada 2-10 Desember, Luhut berada di Tokyo untuk melakukan roadshow dan bertemu investor,” ungkap Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi yang dilansir dari kompas.com.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian pertanian Kuntoro Boga Andri juga menyatakan kebenaran atas kabar tersebut.

“Mentan sudah terima surat dari Menteri Sekretaris Negara,” kata Kuntoro.

Menko Bidang kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sendiri, sebelumnya memang ditunjuk oleh Mensegneg Pratikkno untuk menggantikan Edhy Prabowo.

Adapun Edhy Prabowo menyatakan mengundurkan diri sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) pada (25/11/2020).

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait