Menristekdikti M. Nasir : Bila Ditemukan Dosen Terlibat Ormas Terlarang, Kita Sanksi Tegas! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Menristekdikti M. Nasir : Bila Ditemukan Dosen Terlibat Ormas Terlarang, Kita Sanksi Tegas!

Satuchannel.com, Kota Malang – Terkait pembubaran ormas HTI, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir telah memerintahkan para rektor untuk menyisir dosen yang tergabung di dalamnya.

Menurutnya ditemui di sela – sela pembukaan MTQMN 2017, Jum’at malam (28/7) di Kota Malang, pengawasan sudah diserahkan ke rektor masing – masing perguruan tinggi negeri dan swasta.

“Kemarin sudah saya sampaikan waktu kumpul rektor di Jakarta terkait pengawasannya. Jika di swasta sudah dibahas juga di Kopertis (Kordinator Perguruan Tinggi Swasta, red),” jelasnya.

Sebagaimana peraturan yang ada di antaranya UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan PP No. 53 tahun 2010 mengenai disiplin pegawai negeri sipil, seluruh aparatur wajib sumpah setia dan taat sepenuhnya taat kepada pancasila.

“Bila kita temukan terlibat organisasi terlarang akan disanksi tegas. Sanksi administrasi apakah benar mereka melakukan kegiatan itu, akan dibuktikan dahulu. Diberikan pendekatan persuasif, diperingatkan satu, dua, tiga kali hingga 6 bulan,” tegas Nasir.

Jika dalam perkembangannya belum ada itikad baik, maka pihaknya akan mengembalikan lagi ke masing – masing individu untuk memilih.

“Terduga dosen (tergabung HTI, red) akan diserahkan ke rektor. Di Makassar nanti kita akan cek perkembangannya,” pungkasnya. (Aris)

Kanal Terkait