Menparekraf Beri Pujian dan Penghargaan untuk Desa Wisata Pujon Kidul - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Menparekraf Beri Pujian dan Penghargaan untuk Desa Wisata Pujon Kidul
Desa wisata Pujon (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Lipsus

Menparekraf Beri Pujian dan Penghargaan untuk Desa Wisata Pujon Kidul

Tak hanya memuji, Menparekraf Sandiaga juga memberikan penghargaan Anugerah Desa Wisata 2021 untuk Desa Pujon Kidul karena berhasil mengelola desa wisatanya hingga maju seperti saat ini.

Satukanal.com, Malang Wildan Agta

Destinasi wisata Desa Pujon Kidul yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang mulai dikenal di penjuru Nusantara. Kunjungan Menparekraf, Sandiaga Uno beberapa waktu lalu turut menasbihkan sepak terjang desa wisata tersebut.

“Semangat kita untuk membangkitkan desa ini, pertama supaya lapangan kerja tetap bisa hadir. Kedua kita mau tingkatkan keterampilan pada teknologi,” jelas Menparekraf Sandiaga.

Dia menargetkan, tahun ini ada 7 ribu desa wisata yang masuk ke dalam desa wisata Indonesia. Melalui kampanye ini ditargetkan dari 57 ribu desa di Indonesia tergerak mendaftarkan desanya ke Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Sandi juga mencontohkan kafe sawah yang bisa memiliki omzet Rp 1,2 miliar setiap tahunnya. Menurutnya dengan ekonomi kreatif bisa memberdayakan masyarakat dari segi ekonomi yang baik.

Baca Juga :  Wisata Petik Jambu Kristal Batu Jual Olahan Online

Selain itu, kekayaan alam sekitar juga tak lepas dari sorotannya. Ia menjelaskan ada beberapa jenis tanaman di Pujon Kidul yang telah menembus pasar ekspor. Salah satu negara tujuannya adalah Jepang.

Ia berharap agar ekonomi bisa diperbaiki lagi dan kesejahteraan juga turut meningkat dengan adanya wisata desa yang memberdayakan masyarakat. Diakhir sambutannya dia memberikan pantun untuk seluruh masyarakat Jawa Timur.

“Membakar ikan makannya di pinggir kali, ajak keluarga sambil minum kopi. Masa pandemi negeri kini sudah mulai pulih, ayo wisata Jawa Timur bangkit kembali,” tutupnya disertai gelak tawa para hadirin.

Sementara itu, Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko mengatakan pencapaian yang didapatkan hingga hari ini tak lepas dari kebebasan berkreasi dan kreatif yang diberikan kepada pemuda desanya. Bahkan, tak jarang dirinya melakukan tukar pikiran dengan para pemuda membahas kemajuan desa wisata.

Baca Juga :  Selecta: Seperti Baru Bisa Jalan, Lalu Kembali Kritis

“Kita berbicara potensi Kabupaten Malang sangat luar biasa, jadi diarahkanlah pariwisata berbasis masyarakat. Karena mau tidak mau nantinya, kondisi bangsa akan ditentukan oleh ekonomi masyarakat. Tentunya pariwisata yang berkelanjutan,” katanya.

Selain itu, dukungan dari masyarakat sekitar juga sangat membantu dalam suksesnya desa wisata di Desa Pujon Kidul. Dengan dukungan itu secara tidak langsung masyarakat juga mendapatkan lapangan pekerjaan. Mereka bisa berjualan makanan maupun kerajinan tangan lain sebagai oleh-oleh wisatawan yang datang. Tentu membantu menambah penghasilan masyarakat sekitar, diluar pekerjaan utamanya.

Terbukti dengan kurang lebih 20 persen masyarakat yang terlibat pada sektor wisata daerah. “Mereka masih punya sawah atau hewan ternak dirumah. Jadi kan bisa menjadi nilai tambah bagi pemasukan masyarakat,” ucapnya.

 

Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait